alexametrics

Video Animasi Menjadi Solusi Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Dra. Munjiyati.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Laju pertambahan kasus terkonfirmasi Covid-19, dalam bidang pendidikan menjadi dasar pemerintah terus melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring di semua jenjang pendidikan. Para guru, siswa, dosen dan mahasiswa dipaksa belajar secara terpisah di tempat masing-masing dengan memanfaatkan produk teknologi informasi serta peralatan pendukungnya.

Pembelajaran jarak jauh secara daring yang terus-menerus menimbulkan berbagai masalah baru. Baik bagi pendidik maupun peserta didik. Terjadi kebosanan karena masing-masing tidak bisa berinteraksi secara langsung sampai munculnya kasus-kasus depresi, kekerasan orang tua pada anak. Karena tidak tahan dengan kondisi pembelajaran daring yang kurang mendukung dan dirasa membebani.

Tuntutan agar sekolah dibuka kembali banyak dilontarkan para orang tua/wali murid meskipun banyak pula yang tetap menginginkan pembelajaran jarak jauh. Tetapi hingga saat ini, pemerintah tetap dalam keputusannya untuk laksanakan pembelajaran jarak jauh karena risiko yang dihadapi tidak ringan.

Baca juga:  PBL Berbasis Moodle Tingkatkan Hasil Belajar Algoritma Pemograman

Berdasarkan permasalahan yang sedang kita alami bersama, terutama dalam pembelajaran sejarah selama ini belum adanya media pembelajaran yang menarik, siswa kurang antusias dengan pelajaran sejarah. Karena terlalu banyak teori dan materi yang harus dihafal dan diingat sehingga menurunkan minat belajarnya. Padahal keefektifan dan efisiensi pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu kini guru dituntut mampu menyediakan media pembelajaran yang variatif dan inovatif. Salah satunya adalah media pembelajaran video animasi. Untuk menghasilkan media pembelajaran sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Idonesia dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Idonesia.

Animasi adalah suatu tampilan yang menggabungkan media teks, grafik, dan suara dalam suatu aktivitas pergerakan (Munir, 2013). Pada pembelajaran yang dibuat dengan bentuk animasi dengan teknik pembuatan stop-motion animation. Alasan stop motion animation dipilih dalam teknik pembuatan dalam pengembangan video pembelajaran ini adalah melihat dari sisi kelebihan yang dimilikinya dimana siapa saja dapat membuat animasi tersebut.

Baca juga:  English Fun Learning Melalui Media Komik dalam Canva For Education

Selain itu Arsyad (2002:4) menyatakan media membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengundang maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran. Dalam penerapannya media pembelajaran membantu guru dalam penyampaian pesan pengetahuan supaya siswa mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran bisa secara individu maupun kelompok dengan keberadaan guru sebagai fasilitator atau pemberi penjelasan.

Media pembelajaran mampu mengubah materi abstrak menjadi lebih konkret. Pemanfaatan media pembelajaran sebagai penunjang belajar diharapkan mampu meningkatkan daya tarik peserta didik dalam belajar sejarah sehingga tingkat pemahaman peserta didik semakin berkembang. Peningkatan pemahaman peserta didik terhadap suatu materi pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Pencapaian prestasi belajar yang baik dengan pencapaian tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Media dalam pencapaian tujuan pembelajaran harus memenuhi indikator daya tarik untuk menarik konsentrasi peserta didik. Ketertarikan peserta didik menggunakan media untuk meningkatkan daya tarik dalam pembelajaran.

Baca juga:  Tingkatkan Ketangkasan Berbahasa Krama lewat Metode Drill

Pembelajaran sejarah dengan menggunakan media video animasi terbukti dapat meningkatkan daya tarik peserta didik, terutama di masa pandemi Covid-19. Sehingga peserta didik tetap bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan antusias, rileks, dan semangat. Pesan dan isi dari proses pembelajaran bisa diterima peserta didik melalui video animasi yang ditampilkan secara on line. Kondisi yang serba sulit saat berlangsungnya pandemi Covid-19 tidak lagi menjadi beban dan momok bagi proses pembelajaran sejarah, terutama proses pembelajarn sejarah di SMA Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan. (pm2/lis)

Guru SMAN 1 Toroh, Kabupaten Grobogan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya