alexametrics

Ujian Praktik IPA Asyik dan Menarik

Oleh : Ganggiwati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 1 Tahun 2021 tanggal 1 Februari 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional, menjadi pedoman guru IPA untuk banyak berinovasi. Mata pelajaran IPA yang mengutamakan proses bukan hanya hasil wajib melaksanakan ujian praktik. Kendala dihadapi guru yang mengajar di lereng Gunung Merapi dan Merbabu. Tepatnya di SMP Negeri 2 Sawangan yang mayoritas peserta didiknya berasal dari kedua lereng pegunungan tersebut.

Belum lagi latar belakang sosial ekonomi orangtua. Anak yang tidak tinggal bersama orangtua. Juga masalah HP. Satu rumah hanya ada satu HP yang harus dibawa orangtuanya bekerja.

Terobosan baru dengan blended learning harus dilakukan, karena hanya daring tidak mungkin. Apalagi video. Karena 11 mata pelajaran diujikan dalam satu minggu setelah ujian praktik dilanjut penugasan. Praktik IPA yang rencana awal dilaksanakan di sekolah dengan alat di laboratorium secara berkelompok tidak jadi karena harus menaati aturan dari dinas yang belum mengizinkan dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

Baca juga:  Skripko Meningkatkan Pemahaman Sumpah Pemuda

Alat yang dibuat statif. Statif terbuat dari besi atau baja, berfungsi untuk menopang peralatan gelas dan digunakan bersama-sama dengan klem (Khamidinal, 2009:83). Untuk peserta didik dibebaskan berkreasi dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Diawali dengan sosialisasi POS ujian sekolah, termasuk mata pelajaran IPA yang dalam praktiknya guru mengambil KD 4.1.Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang atau bunyi, memerlukan satu peralatan statif. Sedangkan yang lainnya bisa digunakan bahan dan alat yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal peserta didik.

Beberapa peserta didik langsung setelah waktu praktik bermunculan mengirim foto dengan seragam sekolahnya saat melaksanakan praktik mandiri di rumah dengan alat yang sederhana. Namun benar-benar statif buatannya yang digunakan saat praktik. Amazing benar- benar di luar perkiraan penulis karena tidak pernah ada praktik menggunakan alat sejak masuk kelas IX, namun ternyata antusiasnya, ditandai dengan wajah yang sumringah.

Baca juga:  Metode Numbered Head Together Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

Guru bangga dengan yang dilakukan peserta didik. Akhirnya beberapa peserta didik yang sudah praktik share sebagai bentuk apresiasi dan reward yang sudah praktik sekaligus motivasi bagi rekannya yang belum melaksanakan. Juga untuk menginspirasi yang masih belum paham dengan yang harus dilakukan saat ujian praktik IPA dengan membuat terlebih dahulu alat yang akan digunakan.

Saat melaksanakan ujian praktik IPA di rumah, baru tahun ini dilaksanakan sepanjang 35 tahun mengajar. Antusiasme yang tinggi tentang IPA yang ditandai dengan respons yang begitu luar biasa menjadikan penulis selaku guru IPA tidak boleh diam dengan menerima hasil ujian praktik yang berupa foto saat praktik dan laporan, sebelum alatnya dikumpulkan di sekolah satu minggu kemudian.

Baca juga:  Website sebagai Pusat Informasi di SMPN 2 Secang

Lebih menginspirasi lagi peserta didik yang sebelumnya malas untuk membuat alat ternyata dengan diinformasikan untuk dibuat album peserta ujian praktik IPA tahun pelajaran 2020/2021. Pemahaman yang bagus tentang getaran ternyata diperoleh melalui praktik langsung dengan membuat alatnya sekaligus digunakan untuk praktik dan mengambil data , dilaporkan, pembelajaran yang mengutamakan proses membangun pengetahuan melalui praktik yang menakjubkan sepanjang pandemi. (pm1/lis)

Guru IPA SMPN 2 Sawangan, Kabupaten Magelang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya