alexametrics

Serunya Belajar Qadha dan Qadar dengan Metode Picture and Picture

Oleh : Sholehuddin,S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Mendesain pembelajaran yang menyenangkan menjadi rencana pembelajaran yang paling ditargetkan. Melalui pembelajaran menyenangkan siswa mampu menyerap informasi pengetahuan secara suka cita dan bersemangat dalam menggali pengetahuan dan ketrampilan dari suatu materi yang diajarkan oleh guru. Meskipun pada penerapannya tidak selalu lancar sebagaimana yang dialami penulis pada kelas VI di SD Negeri 01 Pakisputih yang berada di kecamatan Kedungwuni masih terdapat siswa yang tidak focus dan kesulitan memahami materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kondisi itu menjadi kajian penulis untuk menciptakan suatu pembelajaran yang mengasyikan yang mampu membuat siswa lebih bersemangat dalam menggali pengetahuan. Penulis menerapkan metode picture and picture pada materi Qadha dan Qadar. Metode ini selain memudahkan siswa belajar secara jelas juga membuat siswa merasa senang. Tujuan dari pembelajaran materi ini siswa dapat menerapkan keimanan qadha dan qadar dalam kehidupan sehari hari.

Menurut Agus Suprijono (2009:110) Model pembelajaran Picture and Picture adalah metode belajar yang menggunakan gambar dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis.
Pembelajaran ini memiliki ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Model Pembelajaran apapun yang digunakan selalu menekankan aktifnya peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Inovatif setiap pembelajaran harus memberikan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat peserta didik. Dan Kreatif, setiap pembelajarnya harus menimbulkan minat kepada peserta didik untuk menghasilkan sesuatu atau dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan metoda, teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari proses pembelajaran.
Prinsip dasar dalam Model Pembelajaran kooperatif Picture and Picture adalah setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya, setiap anggota kelompok harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama, setiap anggota kelompok harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya, setiap anggota kelompok akan dikenai evaluasi, setiap anggota kelompok berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya dan setiap anggota kelompok akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Baca juga:  Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Melalui Supervisi di Masa Pandemi

Langkah – langkah dalam Model Pembelajaran Picture and Picture pada pembelajaran materi Qadha dan Qadar sebagai berikut ,pertama, guru menyampaikan apersepsi dan memberikan motivasi. Motivasi yang disampaikan harus bersifat membakar semangat siswa untuk giat dalam belajar. Kemudian guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan indikator capaian belajar pada materi pembelajaran Qadha dan Qadar.
Selanjutnya, guru memberikan materi pengantar yang mengarah pada inti materi .Materi pengantar ini bisa dengan menayangkan video yang berkaitan dengan keimanan terhadap qadha dan qadar dan siswa diminta untuk memberikan komentar terhadap film tersebut. Ini suatu awal yang baik. Karena kesuksesan materi pengantar menjadi kesan terbaik siswa. Setelah itu, guru menyediakan gambar-gambar yang berkaitan dengan peristiwa qadha dan qadar yang akan digunakan. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai guru dapat memodifikasikan gambar atau mengganti gambar dengan video baik melalui android atau LCD .

Baca juga:  Belajar IPS Asyik dengan Mencari Pasangan

Setelah itu, guru menunjuk siswa secara bergilir untuk mengurutkan atau memasangkan gambar-gambar yang ada. Mana yang termasuk urutan kriteria peristiwa qadha dan qadar. Lalu ,guru memberikan pertanyaan mengenai alasan siswa dalam menentukan urutan gambar sebagai peristiwa qadha dan qadar. Indikator keberhasilan pada langkah ini bahwa siswa dapat menjawab dengan benar melalui gambar –gambar yang ditampilkan oleh guru, serta siswa mampu mengurutkan dan menjelaskan dengan baik peristiwa tersebut sebagai qadha dan qadar yang wajib untuk diimani. Terakhir, guru menyampaikan kesimpulan dan melakukan refleksi pembelajaran.

Penerapan model pembelajaran picture and picture ini penulis menemukan banyak kelebihan diantaranya materi yang diajarkan lebih terarah karena pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu , siswa lebih cepat menangkap materi karena guru menunjukkan gambar-gambar atau video mengenai materi yang dipelajari, dapat meningkat daya nalar atau daya pikir siswa karena siswa disuruh guru untuk menganalisa gambar yang ada, dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, sebab guru menanyakan alasan siswa mengurutkan gambar dan pembelajaran lebih berkesan, sebab siswa dapat mengamati langsung gambar yang telah dipersiapkan oleh guru. (ce2.3/zal)

Baca juga:  PJJ Tematik Bermakna melalui Pendekatan CTL

Guru PAI SDN 01 Pakisputih Kedungwuni.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya