alexametrics

Revitalisasi Peran Komite Sekolah dalam Mencapai Kemajuan Sekolah

Oleh : Sukeni,S.Pd., M.Si.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sekolah merupakan suatu lembaga atau tempat untuk belajar seperti membaca, menulis dan belajar untuk berperilaku yang baik. Sekolah juga merupakan bagian integral dari suatu masyarakat yang berhadapan dengan kondisi nyata yang terdapat dalam masyarakat pada masa sekarang. Sekolah juga merupakan lingkungan kedua tempat anak-anak berlatih dan menumbuhkan kepribadiannya. Sekolah menjadi bagian dari masyarakat. Sekolah menjadi harapan besar bagi tumbuh dan berkembangan masyarakat.

Masyarakat menyadari bahwa sekolah investasi masa depan yang diharapkan memberikan kontribusi bagi lingkungan masyarakat. Meskipun untuk mewujudkan sekolah yang dicita –citakan tidak mudah dan memiliki tantangan tersendiri. Sebagaimana dialami penulis di SD Negeri 01 Galang Pengampon, yang berdiri diatas tanah 1460 m2, yang mana kesadaran masyarakat dan sekolah dalam hal ini komite sekolah belum bergerak aktif dan tidak ada komunikasi yang membahasa prospektif sekolah.

Kondisi ini menjadi kajian penulis untuk membangkitkan peran komite sekolah mewakili orangtua dan masyarakat untuk bergerak bersama menuju sekolah yang memadai secara sarana prasarana sebagai daya dukung kemajuan pembelajaran siswa. Penulis menerapkan pendekatan kultural mengumpulkan para orangtua dan komite sekolah untuk mendiskusikan kemajuan sekolah. Penulis, sebagai kepala sekolah, merevitalisasi peran komite sekolah di SD Negeri 01 Galang Pengampon. Komite sekolah kunci penting dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

Baca juga:  Melawan Stigma Negatif Guru Bimbingan Konseling

Sekolah bukanlah suatu lembaga yang terpisah dari masyarakat. Sekolah merupakan lembaga yang bekerja dalam konteks sosial. Sekolah mengambil siswanya dari masyarakat setempat, sehingga keberadaannya tergantung dari dukungan sosial dan finansial masyarakat. Oleh karena itu, hubungan sekolah dan masyarakat merupakan salah satu komponen penting dalam keseluruhan kerangka penyelenggaraan pendidikan. Komite sekolah dapat menjalankan fungsinya sebagai patner dari kepala sekolah dalam mengadakan sumber daya pendidikan dalam rangka melaksanakan pengelolaan pendidikan yang dapat memberikan fasilitas bagi guru – guru dan siswa untuk belajar sebanyak mungkin sehingga pembelajaran semakin efektif.

Untuk pemberdayaan masyarakat itulah, maka digulirkan konsep komite sekolah sebagaimana dikemukakan diatas. Berdasarkan Keputusan Mendiknas No. 044/2002, keberadaan komite sekolah secara kontekstual berperan sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan, pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan, pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan. Dan mediator antara pemerintah (executive) dengan masyarakat di satuan pendidikan.

Baca juga:  Elektronic Votting, Alternatif untuk Pemilihan Ketua OSIS di Masa Pandemi

Strategi mewujudkan kemajuan sekolah perlu adanya hubungan yang harmonis antar sekolah dan masyarakat yang diwadahi dalam organisasi Komite Sekolah, sudah barang tentu mampu mengoptimalkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam memajukan program pendidikan. Dalam bentuk orang tua dan masyarakat membantu menyediakan fasilitas pendidikan, memberikan bantuan dana serta pemikiran atau saran yang diperlukan sekolah, orang tua memberikan informasi kepada sekolah tentang potensi yang dimiliki anaknya, dan orang tua menciptakan rumah tangga yang edukatif bagi anak. Berkenaan dengan peningkatan hubungan sekolah dengan masyarakat, subtansi pembinaannya harus diarahkan kepada meningkatkan kemampuan seluruh personel sekolah dalam memupuk pengertian dan pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan pribadi anak, memupuk pengertian orang tua tentang cara mendidik anak yang baik. Dengan harapan mereka mampu memberikan bimbingan yang tepat bagi anak-anaknya dalam mengikuti pelajaran, memupuk pengertian orang tua dan masyarakat tentang program pendidikan yang sedang dikembangkan di sekolah, memupuk pengertian orang tua dan masyarakat tentang hambatan – hambatan yang dihadapi sekolah, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berperan serta memajukan sekolah dan mengikutsertakan orang tua dan tokoh masyarakat dalam merencanakan dan mengawasi program sekolah.

Baca juga:  Google Classroom Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Jarak Jauh

Maka sekolah tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan komite sekolah. Diperlukan kolaborasi dan peran komite sekolah dan masyarakat menjadi penting dalam mencapai visi dan misi sekolah. (ce4/ton)

Kepala Sekolah SDN 01 Galang Pengampon, Wonopringgo.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya