alexametrics

Pentingnya Menanamkan Karakter Positif pada Siswa Sekolah Dasar

Oleh : Mutiah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Zaman globalisasi ini pendidikan karakter memegang peranan penting. Terutama untuk peserta didik di tingkat Sekolah Dasar (SD). Maraknya kekerasan dan tawuran yang terjadi antarpelajar, pencurian, pembullyan terhadap teman dan masih banyak masalah sosial itulah yang mendasari perlunya pandidikan karakter sejak usia dini.

Banyak anak yang sikap dan perbuatannya tidak mencerminkan sebagai ”orang timur” yang dikenal ramah, sopan dan terbuka terhadap orang lain/asing. Contohnya anak-anak suku Jawa bicara dengan orang tua tidak bisa krama, berjalan di depan orang tidak pakai etika yang semestinya orang Jawa (unggah-ungguh). Bahkan anak yang sudah lulus jika bertemu di jalan seperti tidak mengenal gurunya. Ini benar terjadi di Desa Tengengwetan, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Apakah penting menanamkan karakter posistif pada anak kelas lima di SDN 02 Tengengwetan?

Dengan pendidikan karakter diharapkan kita mampu mengenali diri sendiri yang sebenarnya. Sehingga dapat membentuk sifat yang baik melalui pendidikan karakter terutama pendidikan moral dan etika pada jenjang pendidikan dasar baik formal maupun nonformal.

Baca juga:  Atasi Learning Loss Pembelajaran PPKn dengan Snowball Throwing

Hai tersebut dapat bermanfaat bagi orang tua, sekolah dan masyarakat.

Pembiasaan sikap dan perilaku yang ditanamkan orangtua merupakan fundamen pertama yang diterima oleh anak-anak di lingkungan terdekat. Pendidikan SD pembentukan karakter ada pada Kurikulum /KK 13 yang sudah terimplisit di setiap tema merupakan rambu-rambu seorang guru untuk membentuk karakter yang baik.

Sebagai tolok ukur penanaman karakter di rumah dan sekolah akan terlihat pada kehidupan anak bersosial dengan lingkungannya. Di lingkungan masyarakat akan membawa pengaruh kuat pada diri anak. Maka akan sangat penting kerjasama kolaborasi dalam menanamkan nilai-nilai karakter.

Nilai-nilai karakter dalam perjalanan setiap peserta didik sangat penting. Bahkan pembentukan karakter sejak dini akan sangat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya. Siapapun dia, apapun profesinya, ketika memiliki karakter positif, tentu akan lebih baik dari pada yang tidak memiliki karakter. Maka, penanaman karakter positif ini sangat diperlukan pada siswa kelas lima di SDN 02 Tengengwetan, agar bisa menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidupnya kelak.

Baca juga:  Pentingnya Memahami Keunggulan dan Kelemahan Kurikulum 2013

Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah menyerah sangat membantu siswa dalam menjalani kegiatan hidupnya. Karakter positif selalu bisa diterapkan dalam berbagai waktu dan tempat. Seperti kita ketahui sering terjadi tawuran anak sekolah. Ini karena siswa tidak memiliki karakter positif sehingga di manapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah. Contoh penerapan nilai-nilai karakter di lingkungan terdekat anak yaitu di lingkungan keluarga. Jika sejak kecil anak ditanamkan karakter disiplin waktu, maka otomatis mereka akan terbiasa melakukannya. Seperti bangun tidur pagi dan pergi tidur, saat makan pagi, siang dan malam, melaksanakan kewajiban beribadah (salat dan mengaji).

Contoh penerapan nilai-nilai karakter di lingkungan terdekat anak yaitu di lingkungan keluarga. Jika sejak kecil anak ditanamkan karakter jujur dalam berucap dan berbuat suatu saat melakukan ketidakjujuran akan merasa bersalah dan merasa tidak tenang dalam hidupnya.

Baca juga:  Metode Talking Stick pada Pembelajaran Mengemukakan Pendapat

Pendidikan karakter dimasukkan pada Kurikulum 2013 untuk mewujudkan cita-cita pendidikan nasional. Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membantu siswa dalam memahami dan melaksanakan nilai-nilai moral tetutama nilai etika dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menanamkan karakter pada peserta didik sangat diperlukan kolaborasi antara orangtua, guru dan masyarakat. Lingkungan yang kondusif, baik lingkungan keluarga/rumah, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Karakter positif yang penting ditanamkan pada anak sejak usia dini terutama di kelas lima di SDN 02 Tengengwetan adalah jujur, disiplin, sopan santun, kerja sama dan berani. Jika karakter dasar ini sudah tertanam sejak kecil dan anak dapat melaksanakan nilai tersebut maka akan terwujudlah generasi yang hebat yang dapat mengemban amanat dan cita-cita bangsa dan negara. (gb2/lis)

Guru SDN 02 Tengengwetan, Kec. Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya