alexametrics

Mengetahui Rasul-Rasul Allah Melalui Quick on the Draw

Oleh : Nur Hidayah, S.Pd.I.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dapat dikatakan sebagai cerminan dan indikator dalam keberhasilan pendidikan. Guru harus mampu mempersiapkan proses pembelajarannya sebelum pelaksanaan. Penentuan model pembelajaran turut menjadi persiapan penting dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketika guru salah menentukan model pembelajaran maka akan berimbas kepada proses pembelajaran yang tidak menyenangkan dan berakibat sulitnya materi pembelajaran terserap oleh siswa. Model pembelajaran harus mempertimbangkan keterlibatan siswa secara maksimal. Siswa tidak monoton mendengarkan ceramah guru, akan tetapi siswa turut serta mengambil posisi lebih besar persentasenya dibandingkan guru. Pembelajaran yang bersifat teacher centered atau terfokus kepada guru harus segera mengalami perubahan yang cepat menjadi student centered dalam bentuk pembelajaran kooperatif.

Sugiyanto (2010: 37) menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Kemudian, Agus Suprijono (2009: 54) mengemukakan bahwa pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif dianggap lebih diarahkan oleh guru, di mana guru menetapkan tugas dan pertanyaanpertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang dimaksudkan. Guru biasanya menetapkan bentuk ujian tertentu pada akhir tugas. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan prinsip pembelajaran kooperatif adalah Quick on the Draw.

Baca juga:  Straegi Penilaian Sikap pada Masa PJJ

Paul Ginnis (2008) memperkenalkan pertama kali model pembelajaran Quick on the draw dan merupakan pembelajaran yang mengedepankan aktivitas dan kerjasama siswa dalam mencari, menjawab dan melaporkan informasi dari berbagai sumber dengan kecepatannya. Quick on the draw menginginkan agar siswa bekerja sama secara kooperatif pada kelompok-kelompok kecil dengan tujuan untuk menjadi kelompok pertama yang menyelesaikan satu set pertanyaan.

Sebagai guru PAI dan BP di SDN 02 Wonosari Kecamatan karanganyar Kabupaten Pekalongan, penulis memanfaatkan model pembelajaran Quick on the Draw pada kompetensi dasar memahami nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul‘Azmi cukup efektif. Siswa merasakan gairah yang besar mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajar yang meningkat drastis. Langkah pembelajaran menggunakan model ini yaitu pada awalnya guru menyiapkan satu set pertanyaan mengenai materi yang akan dipelajari. Setiap pertanyaan harus diletakkan pada kartu terpisah. Setiap set pertanyaan sebaiknya di kartu dengan warna berbeda dan diletakkan di meja guru. Langkah selanjutnya, guru membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen. Guru memberikan setiap kelompok sumber materi. Pada saat guru mengucapkan kata ”mulai”, salah satu perwakilan masing-masing kelompok ”lari” ke meja guru dan mengambil pertanyaan pertama menurut warna mereka dan membawa kartu tersebut ke kelompok mereka masing-masing. Dengan menggunakan sumber materi yang telah diberikan, kelompok tersebut mencari dan menulis jawaban di lembar terpisah. Hasil jawaban kelompok dibawa ke gurunya oleh perwakilan kelompok. Guru memperbolehkan mengambil soal berikutnya, sampai jawaban akurat dan lengkap. Kelompok pertama yang menjawab semua pertanyaan adalah pemenangnya. Guru kemudian membahas semua pertanyaan dan meminta siswa membuat catatan dan bersama murid memberikan kesimpulan. Pada akhir pembelajaran guru memberikan penguatan materi dan membuat evaluasi untuk mengetahui kedalaman pengetahuan siswa terhadap materi. (gb2/ton)

Baca juga:  Mempermudah Pahami Teks Eksplanasi dengan Metode SQ3R

Guru SDN 02 Wonosari Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya