alexametrics

Hasil Belajar Matematika Meningkat dengan Media Karoma

Oleh : Eko Rismi Haryanti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah mata pelajaran yang kurang disukai siswa sehingga hasil belajar pun tidak maksimal. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi guru. Guru sebagai pendidik berusaha meningkatkan hasil belajar khususnya mata pelajaran matematika. Baik melalui media pembelajaran, model pembelajaran ataupun dengan teknik pembelajaran yang yang beragam.

Matematika seperti yang dikatakan Shadiq adalah ilmu yang membahas pola atau keteraturan ( pattern ) dan tingkatan (order). Guru dituntut menunjukkan bahwa guru, khususnya dalam mengajar matematika harus memfasilitasi siswanya untuk belajar berpikir melalui keteraturan (pattern) yang ada (Shadiq, 2014).

Berdasar keterangan tersebut jelas dibutuhkan media untuk memudahkan guru mendidik siswa melalui keteraturan dan memudahkan siswa belajar matematika. Media sebagaimana dikatakan Daryanto adalah komponen yang integral dari suatu sistem pembelajaran (Daryanto, 2015).

Baca juga:  Daring Menarik dengan Powerpoint Digital Storytelling

Media berperan penting dalam belajar, karena proses pembelajaran merupakan komunikasi yang berlangsung dalam satu sistem, maka media pembelajaran punya peran penting sebagai salah satu komponen pembelajaran.

Tanpa media pembelajaran, komunikasi antarguru dengan siswa dan siswa dengan guru tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi tidak akan berlangsung secara maksimal dan berkesinambungan.

Karoma merupakan salah satu media yang tepat digunakan untuk memudahkan guru belajar bersama siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi angka romawi di SDN Wonotunggal 03 Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang.

Karoma sangat efektif dan memudahkan siswa belajar materi angka romawi. Dalam materi angka romawi ini siswa harus banyak membaca dan mengingat. Jika hal ini terus-menerus dan tidak menggunakan media, siswa hanya menghafal saja, maka siswa mudah lupa. Berbeda hasilnya jika menggunakan media.

Baca juga:  Belajar Negara ASEAN Menggunakan TTS pada Masa Work From Home

Karoma atau kartu angka romawi digunakan sebagai media pembelajaran, siswa akan lebih memahami bilangan romawi. Bentuk media karoma menyerupai kartu yang isinya angka-angka romawi, operasi yang ada bilangan romawinya dan bentuk soal yang terkait angka romawi. Cara memainkannya pun mudah.

Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok dibagikan kartu karoma lalu dibagikan lagi pada setiap anggota kelompok. Setelah semua anggota kelompok mendapat kartu karoma permainan pun segera dimulai. Dengan cara tukar menukar kartu antaranggota dan menebak jawabannya. Bagi yang benar menjawab akan mendapat reward. Bisa berupa pujian atau pemberian bintang keberhasilan.

Bagi yang salah menjawab akan diberi kartu yang lain untuk dijawab atau diberi tugas membuat soal bagi temannya yang sudah berhasil. Selain siswa mudah mempelajari materi bilangan romawi dengan media karoma, manfaat lainnya adalah sebagai sarana bermain. Sehingga mata pelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosankan, dengan media karoma khususnya materi bilangan romawi jadi mudah dan menyenangkan. Hasil belajar pun menjadi meningkat. (ti2/lis)

Baca juga:  Tetap Semangat Belajar Daring selama Pandemi di SD Pedesaan

SDN Wonotunggal 03, Kec Wonotunggal, Kabupaten Batang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya