alexametrics

Memanfaatkan Fitur Facebook untuk Pembelajaran Pemasaran Online

Oleh: Idah Wahyuti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Siapa sih yang saat ini tidak tahu mengenai jejaring sosial? Hampir semua orang di muka bumi ini tahu mengenai jejaring sosial bahkan mempunyai lebih dari satu jejaring sosial. Jejaring sosial yang populer saat ini di antaranya Twitter, Path, Tumblr, Facebook, MySpace, WhatshApp, Instagram, Pinterest atau bahkan Google+. Demikian pula dengan peserta didik di SMK Negeri 1 Ngablak yang hamper semuanya memiliki akun jejaring sosial.

Aditya Firmansyah (2010:10) mengemukakan situs jejaring sosial merupakan situs berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia. Serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Profil yang utama ada di jejaring sosial adalah nama dan identitas.

Salah satu jejaring sosial yang menjadi favoritnya adalah Facebook. Hampir semua orang di dunia ini memanfaatkan Facebook dalam jejaring sosialnya. Facebook telah menjadi jejaring sosial yang terbesar dan manfaatnya yang sangat terasa. Hampir seluruh masyarakat di dunia ini mengenal Facebook bahkan menjadi pengguna Facebook. Demikian pula pada peserta didik di SMK Negeri 1 Ngablak Kabupaten Magelang.

Baca juga:  Mudahnya Menulis Teks Recount Menggunakan Mind Mapping

Facebook adalah platform media sosial dengan jumlah pengguna yang besar. Fitur yang ditawarkan oleh Facebook yang cukup menarik dan belum ada di sosial media sebelumya membuat banyak orang menggunakannya. Menurut Jubilee Enterprise (2010: 79), Indonesia merupakan salah satu pengguna Facebook dengan jumlah user sekitar 17,6 juta orang. Di era digital ini selain digunakan untuk berkomunikasi, jejaring sosial yang satu ini juga banyak digunakan oleh pebisnis untuk menjual produk miliknya terutama bagi bisnis online. Demikian juga penjualan melalui Facebook ini diajarkan di Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sebagai salah satu pemasaran melalui media sosial.

Facebook menyediakan berbagai fitur untuk mengembangkan merek, menumbuhkan bisnis, dan mengelola strategi periklanan dalam pemasaran. Pada masa sekarang ini Facebook sudah banyak perubahan yang menjadikan Facebook menjadi lebih lengkap dan sangat menarik.

Baca juga:  Belajar Matematika Itu Mudah dan Menyenangkan

Sebagai contoh, dulu Facebook hanya digunakan untuk memposting gambar, tetapi saat ini Facebook sudah dilengkapi dengan fitur untung memposting video dan juga dilengkapi dengan pembaharuan status yang akan hilang setelah 24 jam. Facebook marketing juga merupakan media marketing yang yang paling potensial. Alasannya, jumlah penggunanya sangat besar dan terus meningkat. Mari kita jelajahi berbagai fitur gratis yang bisa digunakan langsung dari halaman Facebook. Cara berjualan di Facebook : pertama cara jualan online dengan update status. Kedua cara jualan online lewat Facebook grup. Ketiga cara jualan onlie di Facebook Marketplace.

Jika selama ini Facebook belum digunakan untuk pemasaran atau bisnis, ada baiknya mulai membuat Facebook untuk meningkatkan pendapatan. Strategi Facebook marketing : mulai dengan tujuan yang jelas; Kenali target pasar Anda; Ciptakan konten yang menarik; Jadwalkan posting konten dengan baik; Aktif berkomunikasi dengan audiens; Tentukan budget yang sesuai; Monitor dan analisis strategi Anda.

Baca juga:  Pede Meningkat dengan Biindi Matematika

Melalui berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh Facebook ini membuka peluang peserta didik SMK dari Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran untuk dapat belajar bisnis online sekaligus melakukan promosi dan pemasaran produk online. Jadi mereka dapat meningkatkan kreatifitas diri mereka melalui konten-konten digital dan membuat copy writing yang menarik untuk diposting di Facebook dengan tujuan meningkatkan traffic penjualan sehingga diharapkan penjualan online mereka juga meningkat secara signifikan. (pm2/lis)

Guru Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya