alexametrics

Kerjakan Soal-Soal Trigonometri dengan Kuis

Oleh : Nuning Tri Harjani, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada 30 Januari 2020, WHO (World Health Organization) menetapkan pandemi Covid-19 sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat secara internasional (Guener, Aktas, 2020 ). Pandemi Covid-19 berdampak pada semua bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Terjadi perubahan kurikulum pembelajaran pada siswa yang mewajibkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online.
Media sosial didesain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif atau dua arah. Media sosial adalah penggunaan internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi segera dan berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitasnya (Joyce Kasman Valenza, 2014).

Pendapat tentang sulitnya belajar matematika sering mendominasi pemikiran siswa. Banyak di antara mereka kurang berminat untuk mempelajari matematika, dan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar siswa yang rendah akan menjadi hambatan pada proses pembelajaran, karena dapat berakibat prestasi belajar siswa rendah. Maka, guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Baca juga:  Belajar Narrative Text dengan Metode Role Playing

Guru perlu meningkatkan kompetensi dan metode dalam pembelajaran. Dikembangkan sesuai perkembangan iptek saat ini. Siswa juga perlu ditingkatkan motivasi belajarnya dan memperdayakan siswa supaya semakin baik, bagus dan menyesuaikan dengan perkembangan saat ini.

Kini, hampir semua siswa SMK Negeri 1 Ngablak memakai HP android. Sehingga tidak ada salahnya apabila guru memanfaatkannya untuk pembelajaran. Untuk memotivasi belajar matematika tentang Kompetensi Dasar Trigonometri di semester genap tahun pelajaran 2020-2021 siswa kelas X ATPH C di SMK Negeri 1 Ngablak, salah satu langkah yang penulis ambil adalah dengan kuis. Pelaksanaan kuis setelah pembelajaran berakhir. Waktunya saat di rumah dimulai jam 19.00 sampai 20.00.

Untuk pelaksanaan kuis di beberapa kelas X mulai dari jurusan X ATPH C, X ATPH D, X ATU A dan X ATU B yang setiap hari penulis lakukan di kelas yang berbeda. Namun waktunya sama mulai pukul 19.00 – 20.00 dengan tujuan menggali kemampuan siswa. Dan tentunya memotivasi siswa untuk aktif dalam mempelajari kompetensi dasar trigonometri.

Baca juga:  Metode Kooperatif ST Bikin Kreatif Siswa Pelajari Matematika

Dari waktu satu jam tersebut penulis memberikan beberapa soal. Selanjutnya anak akan menjawab, apabila betul penulis komentari dengan applause atau jempol, apabila belum benar jawabannya ditunggu sampai betul.

Apabila sudah ada jawaban yang benar, dilanjutkan soal berikutnya. Apabila ada siswa yang sudah menjawab betul dikasih applause dan jempol, tapi apabila belum ada siswa yang menjawab ditunggu beberapa menit lagi untuk menge-share soal berikutnya.

Langkah-langkahnyadi ulang beberapa kali sampai waktu habis dalam satu jam.

Dengan adanya kegiatan kuis tersebut anak-anak semakin semangat mempelajari tentang matematika terutama bagian trigonometri. Karena termotivasi juga dari teman-teman satu kelas, mungkin siswa akan malu apabila didalam satu grup tidak aktif menjawab.

Baca juga:  Belajar Mengenal Organisasi Lebih Asyik dengan Simulasi

Dengan adanya kuis tersebut sebagai guru juga bisa diambil hikmahnya. Guru dapat melihat dan membaca, siapa saja murid yang aktif dan tidak aktif saat kegiatan kuis berlangsung. Di grup satu kelas yang dibuat akan terlihat dengan jelas siapa yang aktif dan tidak aktif mengikuti kegiatan kuis tersebut.

Kuis dapat juga digunakan di kompetensi-kompetensi dasar yang lain dan untuk pembelajaran keilmuan yang lain. Juga bisa dan sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa agar lebih bersemangat lagi. Selalu termotivasi untuk belajar dan belajar terus. Semoga kuis ini bermanfaat untuk semua siswa dan untuk guru juga dapat bermanfaat selalu menggali dan selalu mengembangkan kompetensi dirinya. (pm1/lis)

Guru Matematika SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya