alexametrics

Penelitian Mandiri Tingkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pelajaran Biologi

Oleh : Sumarlan, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar dari rumah di masa pandemi ini, tentunya banyak memberikan kontribusi positif, jika dihubungkan dengan kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian dalam konsep Carl Rogers disebut dengan istilah “self” karena diri itu merupakan inti dari kemandirian (Ali dan Asrori, 2008:109). Demikian halnya dalam kamus psikologi kemandirian berasal dari kata “independence” yang diartikan sebagai suatu kondisi di mana seseorang tidak tergantung pada orang lain dalam menentukan keputusan dan adanya sikap percaya diri (Chaplin. 2011:343).

Kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menuntut kreativitas guru dalam menyampaikan materi agar indikator ketercapaian kognitif siswa dapat terwujud. Adapun menurut Bloom (1956) kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Secara umum indikator ketercapaiannya adalah siswa mampu, mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi.

Baca juga:  Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi Terhadap Komunikasi Interpersonal

Salah satu metode yang dapat dipakai adalah melalui penelitian mandiri. Penelitian mandiri dapat dilakukan di rumah dengan memanfaafkan sumber dan bahan yang ada di sekitar tempat tinggal siswa. Penelitian ini bisa diterapkan di semua mata pelajaran, dengan langkah-langkah sederhana sebagai berikut: guru menyampaikan materi pelajaran yang akan ditindaklanjuti dengan penelitian mandiri. Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan materi yang sedang dibahas. Guru memberikan contoh penelitian dan langkah-langkahnya. Siswa diberikan kesempatan menanyakan proses penelitian. Siswa diberi tugas berupa penelitian mandiri dengan dibekali sistematika pelaporan penelitian. Siswa melaporkan hasil penelitian.

Mata pelajaran biologi di SMA Islam Sudirman, Tembarak dapat menerapkan penelitian mandiri ini, khususnya untuk penelitian yang tidak membutuhkan peralatan yang rumit dan mahal. Salah satunya adalah meneliti perkecambahan. Misalnya dalam satu bab materi tertentu siswa perlu lebih memahami tentang perbedaan pertumbuhan perkecambahan pada biji jagung dan biji kacang hijau yang yang ditempatkan pada lokasi yang terkena sinar matahari dan yang tidak terkena sinar matahari. Dan juga agar siswa lebih mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi biji kacang hijau dan biji jagung untuk berkecambah.

Baca juga:  Meningkatkan Pemahaman Menghitung Pajak melalui Media Konkret SPT

Jika guru hanya menyampaikan penelitian ini secara verbal, siswa hanya akan membayangkan berdasarkan persepsi masing-masing individu. Namun jika siswa melakukan penelitian sendiri, maka siswa akan lebih mudah memahami dan menguasai materi yang sedang dipelajari. Hal tersebut disebabkan siswa terlibat secara langsung mulai dari membaca materi pelajaran, mempelajari metode penelitian, mempersiapkan bahan-bahan, melakukan penelitian, mengamati, mencatat dan melaporkan.

Setelah melakukan penelitian, siswa dapat mengetahui secara nyata hasil dari penelitian mereka sendiri tanpa harus diberitahu terlebih dahulu oleh guru. Lagipula, penelitian perkecambahan ini sangat sederhana dan dapat dilakukan secara mandiri karena hanya membutuhkan biji bijian (biji kacang hijau atau jagung), kapas, air dan gelas bekas air mineral serta bantuan cahaya matahari.

Baca juga:  Belajar Wacana Eksposisi dengan menjadi Reporter

Dari contoh penelitian pada mata pelajaran biologi ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian mandiri ternyata mampu meningkatkan kemampuan kognifif siswa dikarenakan : siswa mengalami sendiri fenomena alam yang terjadi dari proses dan hasil penelitiannya. Siswa bebas mengatur waktu dan tempat penelitian. Siswa tidak terbebani dengan biaya penelitian (hemat). Siswa belajar langsung dengan fakta sehingga siswa mampu menguasai materi tanpa harus berulang-ulang membaca catatan. Siswa akan lebih senang dan semangat belajar. (pm2/lis)

Guru Biologi SMA Islam Sudirman, Tembarak, Kabupaten Temanggung.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya