alexametrics

Pemanfaat Aplikasi Wordwall untuk Membuat Game Edukasi dalam PJJ

Oleh : Ani Irawanti, M.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PJJ atau pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang diterapkan pada masa pandemi ini. Tentunya dalam pelaksanaan PJJ yang sudah lebih dari satu tahun banyak kendala yang ditemukan. Salah satunya adalah sebagian besar peserta didik mengalami kebosanan dalam pelaksanaan PJJ. Kebosanan tersebut dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah kegiatan belajar yang monoton, tidak interaktif, dan cenderung memberikan tugas mandiri melalui aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu, guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang mengandung unsur permainan. Namun, karena masa pandemi yang mengharuskan pelaksanaan PJJ, maka permainan dapat dikemas melalui kegiatan daring.

Alternatif yang bisa diterapkan untuk menghilangkan kebosanan peserta didik sekolah dasar adalah dengan game edukasi. Game ataupun permainan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan satu atau lebih pemain dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan kalah dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, dan refreshing.

Baca juga:  Efektivitas Pembelajaran Sistem Suspensi Menggunakan Instructional Materials

Game dimainkan terutama untuk hiburan, kesenangan, tetapi dapat juga berfungsi sebagai sarana latihan, pendidikan, dan simulasi. Game dapat mengasah kecerdasan dan keterampilan otak dalam mengatasi konflik atau permasalahan buatan yang ada dalam permainan. Namun, game juga dapat merugikan karena apabila terlalu sering bermain game maka pemain akan lupa waktu melakukan pekerjaan lainnya, sehingga membuat pekerjaan lain menjadi tertunda. Oleh karena itu, perlunya membuat game edukasi yang mengarahkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Menurut Prensky (2012: 90), game edukasi adalah game yang didesain untuk belajar, tetapi tetap bisa menawarkan bermain dan bersenang-senang. Game edukasi adalah gabungan dari konten edukasi, prinsip pembelajaran, dan game komputer.

Baca juga:  PTM dan PJJ Kimia Asyik dengan Power Point dan Google Meet

Di era industri 4.0 ini, tentunya teknologi tidak menjadi kendala. Banyak sekali aplikasi yang memudahkan guru untuk membuat game edukasi. Mulai dari aplikasi yang bisa diunduh di android maupun aplikasi berbasis website. Salah satu aplikasi berbasis website yang mudah unruk digunakan adalah wordwall. Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran game edukasi seperti, kuis, menjodohkan, memasangkan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan lain sebagainya. Lebih menariknya, selain itu aplikasi wordwall dapat menyediakan akses media yang telah dibuat melalui daring dan dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi wordwall menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis. Jadi, melalui game edukasi.

Baca juga:  Pembiasaan Menuntun Kebiasaan

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi wordwall yaitu: 1) Mendaftarkan akun di https://wordwall.net/. Klik Sign Up lalu kemudian isikan nama, alamat email, kata sandi, dan lokasi, 2) Pilih Create Activity kemudian pilih salah satu template aktivitas yang disediakan, selain itu, gambar juga bisa diupload. 3) Tulis judul dan deskripsi permainan, 4) Ketikkan konten sesuai tipe permainan, 5) Terakhir klik Done jika selesai.

Di masa pandemi Covid-19 ini penggunaan aplikasi wordwall dapat dimanfaatkan guru untuk membuat game edukasi. Game edukasi yang dibuat dapat digunakan untuk semua mata pelajaran. Melalui game edukasi guru dapat menyampaikan materi dengan permainan sehingga peserta didik tidak akan bosan dalam pelaksanaan PJJ. (bs1/ton)

Guru kelas V SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya