alexametrics

Gairahkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Microsoft Sway

Oleh : Mardiyem, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Media merupakan alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan peserta didik atau peserta didik (Sudarwan Danim, 2010). Dalam masa pandemi saat ini, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi sangat diperlukan agar pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil observasi pada peserta didik kelas III SD Negeri 2 Kedungcino, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, terdapat kendala di mana tidak semua peserta didik dapat menerima dan memahami suatu pembelajaran. Ada yang cepat, ada yang lambat. Hal tersebut membuat guru harus pandai dalam memilih media pembelajaran yang tepat bagi setiap peserta didik.

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, setelah beberapa bulan peserta didik belajar di rumah tentunya ada rasa bosan yang dialami oleh peserta didik. Guru harus memikirkan cara bagaimana pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik bisa lebih menarik, lebih mudah dipahami dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Kesulitan memahami dalam pembelajaran daring membuat beberapa peserta didik tidak antusias dalam belajar.

Baca juga:  Merdeka Belajar dalam Layanan BK

Awalnya dalam menyampaikan materi pembelajaran, saya menggunakan voice note yang terdapat pada WAG dan menjelaskan sesuai dengan yang ada dalam buku paket. Setelah melakukan evaluasi, ternyata 60% peserta didik mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu diperlukan kreativitas guru dalam menggunakan media yang berbasis online (web service oriented) di mana peserta didik tidak perlu mengunduh file gambar, video, ataupun mengunduh aplikasi yang menjadikan kendala utama pada peserta didik, serta pemanfaatan media online yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Maka untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dibantu orang tuanya mengunduh aplikasi sesuai arahan guru. Microsoft Sway adalah salah satu pilihan terbaik dalam pembelajaran daring yang menarik dan efektif.

Sway adalah program presentasi dan merupakan bagian dari rangkaian produk Microsoft Office (Samsul Hadi, 2018, https://wincamp.org/pelajari-lebihlajut-tentang-offi ce-sway/, 19 Februari 2021). Microsoft Sway bukan software yang harus diinstal pada PC atau Laptop tetapi merupakan aplikasi yang berbasis web. Aplikasi gratis ini membantu mengumpulkan, memformat, dan berbagi cerita, ide, dan presentasi di layar interaktif berbasis web yang terlihat menarik. Microsoft Sway dapat diakses disembarang browser, dokumen Sway secara otomatis akan tersimpan di Sway.com, jadi tidak perlu khawatir file akan hilang. Microsoft Sway bisa mengambil sumber utama dari berbagai sumber, misalkan mengambil video youtube, tweet, dan komponenweb lainnya. Tampilan Microsoft Sway akan menyesuaikan dengan ukuran layar pengakses. Dalam penggunaan Microsoft Sway, guru memiliki kreativitas dalam merancang materi pembelajaran, diantaranya dalam penggunaan hyperlink terkait materi, penyajian berbagai gambar, penambahan berbagai video maupun pemberian soal latihan yang sudah terkoneksi dalam satu link yang diberikan ke group WhatsApp kelas. Peserta didik dan orang tua tidak perlu harus mengunduh suatu aplikasi, gambar maupun video. Hal ini memudahkan peserta didik dan orang tua dalam pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memahami materi dan mengerti dalam menjawab latihan soal.

Baca juga:  Pembelajaran Tematik Asyik dan Menyenangkan melalui WhatsApp Forum

Penggunaan Microsoft Sway sangat efektif dalam menghilangkan kejenuhan peserta didik selama pembelajaran daring, karena layanan ini tidak hanya menuntut peserta didik harus mengerjakan latihan, akan tetapi tanpa sadar para peserta didik membaca dan menonton video materi pembelajaran yang disampaikan. Pembelajaran daring menjadi lebih menyenangkan dan minat belajar peserta didik kelas III SD Negeri 2 Kedungcino, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara juga meningkat setelah menggunakan Microsoft Sway, dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang semakin baik. Hal tersebut sesuai hasil penelitian (Novi Eko Priyanto, 2020) terkait penggunaan Microsoft Sway dalam pembelajaran daring. (*/ton)

Guru SD Negeri 2 Kedungcino, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya