alexametrics

Mudahnya Membuat Komik Menggunakan Canva

Oleh : Ika Setiyaningrum, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan hal baru bagi guru, juga para siswa dan orang tua. Tentu saja hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi guru bimbingan TIK. Guru dituntut kreatif dalam memberikan materi PJJ, sehingga siswa tak hanya mengerjakan tugas akademis, melainkan juga melakukan kegiatan menyenangkan agar motivasi belajar siswa tetap tinggi.
Maka dari itu, guru bimbingan TIK SMP Negeri 3 Kedu Kabupaten Temanggung berusaha untuk membuat pembelajaran yang semenarik mungkin, agar bisa meningkatkan minat, menghilangkan kejenuhan dan kebosanan mereka selama berada di rumah.

Menurut Sardiman (2006:73) pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Siswa SMP sudah bisa belajar secara mandiri. Guru bisa membuat tugas-tugas yang membutuhkan riset sehingga siswa bisa menghubungkan antara pelajaran di sekolah dengan pengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk pelajaran bimbingan TIK bisa membuat komik dengan topik pandemi korona.

Baca juga:  Pembelajaran Kontekstual Mempermudah Belajar Berinteraksi Pada Masa Pandemi

Menurut Azhar Arsyad (2015:3) media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pembelajaran. Menurut Hamalik (2015:19) pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Guru bimbingan TIK SMP Negeri 3 Kedu, Kabupaten Temanggung memberikan materi kelas IX semester 2 tentang desain grafis dalam pembuatan Komik menggunakan aplikasi canva sebagai media pembelajaran. Desain grafis merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi seefektif mungkin. Sedangkan komik adalah cerita bergambar yang disusun dari gambar-gambar tidak bergerak sehingga membentuk suatu cerita yang mudah dipahami.

Baca juga:  Pelajari Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Aktivitas

Canva adalah platform desain grafis yang berdiri tahun 2012 berasal dari Australia. Canva memungkinkan pengguna untuk membuat grafik media sosial, presentasi, poster, dan konten visual lainnya. Ini tersedia di web dan seluler, serta mengintegrasikan jutaan gambar, font, template, dan ilustrasi. Canva memfasilitasi proses editing grafis. Di dalamnya menyediakan ratusan template gambar gratis yang dibuat oleh banyak grafis designer beserta tim canva.
Canva memudahkan untuk menarik dan melepaskan gelembung percakapan kedesain dan secara cepat menambahkan dialog yang dibuat, serta dapat mengedit dialog, mengubah warna, atau memindahkan dan mengubah ukuran gelembung. Saat membuat komik dengan canva, siswa bisa menggunakan handphone maupun komputer/laptop.

Baca juga:  Status WhatsApp sebagai Motivasi Peningkatan Kualitas Tugas PJJ IPA

Saat ini tersedia canva for education yaitu program canva untuk para guru dan siswa sehingga dapat menggunakan desain-desain canva secara gratis. Agar siswa mendapatkan akun canva untuk pendidikan, guru perlu terlebih dahulu mendaftar di https://www.canva.com/id_id/pendidikan/. Setelah akun guru aktif, guru bisa menambahkan siswa dalam kelas canva milik guru.

Siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kedu Kabupaten Temanggung sangat antusias saat belajar membuat komik menggunakan canva ini. Mereka dapat menyalurkan kreativitas dan keterampilan yang mereka punyai dalam mendesain komik yang menarik menggunakan aplikasi canva dengan mudah. Aplikasi canva juga dapat digunakan oleh siswa dengan berkolaborasi secara real-time. Melibatkan siswa dalam pengalaman belajar yang kaya dan otentik serta mencerminkan tantangan yang akan mereka hadapi di dunia nyata. (pm2/lis)

Guru Bimbingan TIK SMPN 3 Kedu, Kabupaten Temanggung.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya