alexametrics

Pembelajaran TIK selama Pandemi dengan Berbagai Aplikasi

Oleh: Endah Tri Wahyuni, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi corona virus disease (Covid -19) yang melanda di berbagai belahan dunia telah mengubah seluruh aktivitas manusia. Hal tersebut juga berdampak luar biasa pada dunia Pendidikan dinegara kita. Situasi pandemi menyebabkan penutupan sementara dan belum tahu sampai kapan pandemi ini akan berakhir sebagai upaya penanggulangan penyebaran virus.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) pada tanggal 24 Maret 2020. Dengan dilakukan penutupan sekolah, maka pemerintah menggambil tindakan tegas supaya peserta didik tidak tertinggal proses Pendidikan dan peserta didik menerima hak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, yaitu dengan kebijakan pembelajaran di rumah ( BDR). Dengan teknis pembelajaran dari rumah (BDR) adalah pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan dilakukan secara daring.

Baca juga:  PJJ IPS Lebih Menyenangkan dengan Media Film

Situasi pandemi menyebabkan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka, maka harus dilakukan inovasi terhadap layanan pendidikan. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sendiri dimaknai dengan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya tatap muka dan tanpa berada di tempat yang sama dengan menggunakan media pembelajaran digital. Penulis sebagai guru TIK SMP Negeri 1 Ambarawa memanfaatkan aplikasi google meet, google classroom, youtube, dan quizzes maupun media social yaitu whatsapp.

Guru menyiapakan materi dan latihan soal yang akan digunakan untuk pembelajaran oleh siswa SMP Negeri 1 Ambarawa secara daring. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan google meet bagi siswa yang bisa mengikuti pembelajaran secara langsung. Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti google meet secara langsung guru menyimpan pembelajaran secara langsung di google classroom Karena ada siswa yang menggunakan HP secara bersamaan dengan orang tuanya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Mikrobiologi dengan Fast Stone Capture

Dalam kegiatan pembelajaran TIK di SMP Negeri 1 Ambarawa secara daring guru sudah menyiapakan materi yang disampaikan sehingga siswa lebih mudah memahami materi dari pada mebaca buku sendiri.
Tampilan materi yang disajikan dengan menggunakan aplikasi meet lebih menarik perhatian siswa yang akan meningkatkan minat siswa dalam menyimak informasi yang disajikan dan menggali informasi.
Guru juga menyiapkan latihan soal dengan menggunakan google form soal dalam bentuk pilihan ganda dan uraian, siswa mengerjakan latihan hanya dengan cara klik pada menuliskan jawaban pada form yang telah disediakan oleh guru. Tidak hanya menggunakan google form saja untuk latihan soal sesekali guru juga menggunakan quizzes dan khahott. Dalam menggunakan aplikasi quizzes siswa merasa tidak mengerjakan latihan soal siswa merasa seperti sedang bermain sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam masa pandemi Covid-19. (lbs2/lis)

Baca juga:  Media Manipulatif Kertas Manila Pendorong Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Guru SMP Negeri 1 Ambarawa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya