alexametrics

Pembelajaran Online Menarik dengan Kolaborasi Powerpoint dan Bandycam

Oleh : Sigit Triyatmono, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Banyak masalah yang terjadi pada pembelajaran daring. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah khususnya guru-guru yang melaksanakan pembelajaran online pada umumnya sama. Berkisar pada seputar masalah partisipasi siswa dan ketertarikan terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Seringnya siswa mengeluhkan media pembelajaran yang satu arah dan tidak menarik. Meskipun sebetulnya media yang dianggap menarik siswa belum tentu juga bisa membelajarkan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Pada awal pembelajaran daring matematika di SMP Negeri 1 Wonopringgo, dilihat berdasarkan angka partisipasi siswa yang masuk, persentase siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran hanya mencapai 60%. Setelah ditindak lanjuti dengan wawancara melalui grup mata pelajaran, didapatkan data bahwa rata-rata siswa menganggap tidak perlu mengikuti pembelajaran secara langsung pada jam pelajaran yang ditentukan, karena mereka bisa membaca materi di lain waktu. Waktu pengumpulan tugas yang luwes juga kadang membuat siswa terlena dan akhirnya lupa mengerjakan tugas. Banyaknya materi pembelajaran yang berupa lampiran file baik berupa teks atau presentasi lebih terkesan membosankan dan kurang menarik, mereka sebetulnya rindu dengan tatap muka yang menghadirkan langsung gurunya. Dari situ penulis berpikiran untuk membuat file pembelajaran yang sekaligus bisa menampilkan materi dan wajah atau suara dari guru yang menyampaikan.

Baca juga:  Penggunaan Google Form dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

Penulis mencoba membuat video pembelajaran yang menggabungkan aplikasi Powerpoint kemudian dilanjutkan dengan aplikasi Bandicam. Aplikasi Powerpoint seperti yang sudah diketahui bersama adalah aplikasi presentasi dari Microsoft. Sedangkan Bandicam adalah aplikasi untuk membuat video tangkapan layar. Konsepnya adalah menampilkan presentasi pembelajaran pada layar yang kemudian kita rekam menggunakan bandycam.

Langkah awal adalah kita menginstal aplikasi Bandycam, kemudian kita melakukan beberapa pengaturan. Pengaturan yang pertama adalah pengaturan kamera. Fungsi dari kamera adalah agar kita bisa menampilkan video wajah kita di video materi pembelajaran sehingga membuat siswa lebih berkesan dengan video pembelajaran yang kita tampilkan. Dalam pengaturan ini kita bisa menentukan kamera yang digunakan, apakah mau menggunakan bawaan laptop atau menggunakan webcam tambahan. Selain itu juga bisa mengatur posisi jendela video. Langkah selanjutnya adalah mengatur suara, di sini kita atur speaker dan mikrofon yang akan digunakan. Agar input suara lebih bagus dianjurkan untuk menggunakan headset. Pengaturan lainnya adalah pengaturan mouse, tampilan logo dan teks, yang kesemuanya digunakan agar video pembelajaran lebih menarik.

Baca juga:  Bimbingan Konseling Online Asyik dari Guru BK di Masa Pandemi

Langkah berikutnya adalah mengatur layar, ada beberapa pilihan apakah akan merekam layar penuh, jendela layar, sekitar mouse atau memilih sendiri area yang akan direkam. Dan yang terakhir sebelum mulai merekam adalah pengaturan lokasi penyimpanan. Setelah semuanya siap, baru kita melakukan proses perekaman layar.

Proses perekaman layar didahului dengan membuka file powerpoint pembelajaran yang akan disampaikan, dilanjutkan dengan mengecek apakah semua pengaturan yang kita lakukan sesuai dan pas dengan yang kita inginkan. Jika masih ada yang kurang sesuai, misal jendela video yang menampilkan wajah kita atau besar kecilnya logo ataupun suara yang masuk, kita dapat melakukan beberapa penyesuaian.

Setelah proses perekaman layar selesai, kita dapat menyimpannya atau langsung mengunggahnya melalui situs Youtube.com. Menyampaikan materi pembelajaran menggunakan video Bandicam lebih menarik karena disana terdapat suara dan wajah dari yang menyampaikan pembelajaran, disamping itu terdapat catatan atau coretan tambahan yang membuat pembelajaran lebih detail dan berkesan. (agu1/ton)

Baca juga:  Kenali Huruf sambil Bermain

Guru SMPN 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya