alexametrics

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Memudahkan Komunikasi

Oleh : Sri Muryati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu. Bahasa Indonesia sudah diajarkan sejak tingkat SD, SMP, dan SMA. Oleh karena itu sebaiknya setelah jenjang SMA bahasa Indonesia sudah dikuasai atau setidaknya mempunyai pengetahuan yang memadai tentang bahasa Indonesia.

Alasan inilah yang membuat Dirjen Depdiknas RI memutuskan memasukan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan. Tujuannya untuk mengasah kemampuan berbahasa dan mengembangkan kepribadian para siswa. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita selaku warga negara Indonesia (WNI) untuk menguasai dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Sehingga bahasa Indonesia dapat terjaga keasliannya.

Bahasa Indonesia masih tetap memegang peranan penting dan masih tetap merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Bukti menunjukkan bahwa bahasa Indonesia masih lebih dominan digunakan di dalam berbagai kegiatan. Seperti rapat-rapat, pidato kenegaraan, pidato politik, pelaksanaan administrasi kedinasan, dan bahasa pengantar pada setiap level pendidikan. Bahkan saat ini, sebagian besar komunikasi tidak resmi antarwarga pun sudah sering menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa daerah masing-masing.

Baca juga:  Pembelajaran Kontekstual, Solusi Belajar Bermakna di Masa Pandemi

Bahasa Indonesia yang seharusnya menjadi bahasa kedua setelah bahasa daerah (bahasa ibu), kini justru bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa pertama. Sedangkan bahasa daerah telah menjadi bahasa kedua bahkan telah menjadi bahasa ketiga (bahasa asing) bagi pemilikinya.

Bahasa Indonesia merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia bukan hanya karena fungsinya sebagai alat komunikasi lisan dan tulis, tetapi juga secara objektif berfungsi sebagai alat pemersatu, pemberi kekhasan, pembawa kewibawaan, dan kerangka acuan (Alwi 2000:15; HP Ahmad dan A. Alek; Muslich, 2010; Pateda dan Yennie P. Pulubuhu. 2007; Rahayu, 2007;Sugono, 2009; dan Widjono, 2010).
Di samping itu Mendiknas (Bambang Sudibyo dalam Nurjamal dan Sumirat, 2010: 209), mengatakan bahasa Indonesia tak hanya digunakan dan dipelajari di tanah air, tetapi juga telah tersebar dan telah dipelajari di berbagai negara-negara maju di dunia.

Baca juga:  Eksperimen Ampuh Tingkatkan SMS dalam PJJ

Bahasa Indonesia akan selalu berkembang, dan perkembangan itu selalu disepakati melalui hasil keputusan pertemuan-pertemuan umum dan khusus untuk membicarakan tentang bahasa Indonesia. Keputusan-keputusan yang telah disepakati di masyarakat secara resmi, baik melalui media lainnya maupun melalui pembelajaran pada setiap jenjang sekolah.
Untuk memelihara, melindungi, dan memiliki merupakan perwujudkan bahasa Indonesia agar tetap dicintai dan digunakan oleh bangsa Indonesia. Khususnya untuk dicintai peserta didik di SMPN 2 Weleri, Kendal.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) menetapkan bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam setiap tingkatan pendidikan nasional. Hal itu tercantum dalam UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Bab VII, pasal 33 ayat 1 yang berbunyi “Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara menjadi bahasa pengantar dalam pendidikan nasional”.
Sebagai implementasi dari UU Sisdiknas tersebut, pemerintah menetapkan kurikulum nasional dan Garis-Garis Besar Program Pengajaran Bahasa Indonesia untuk setiap tingkatan sekolah yang ada di Indonesia. Untuk melihat sejauh mana realisasi kecintaan, kesetiaan, dan kebanggaan bangsa Indonesia sebagai pemilik terhadap bahasa Indonesia, maka pihak-pihak yang terkait (terutama yang bergerak dalam bidang pendidikan) telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/MA/SMK. Agar komunikasi lebih lancar dan terarah tujuan yang akan dicapai. (ti1/lis)

Baca juga:  Evaluasi Program Supervisi Kepala Sekolah

Guru Bahasa Indonesa SMPN 2 Weleri, Kendal.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya