alexametrics

Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan PJJ

Oleh: Elya Khairunisa, S. Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEJAK Covid-19 menyebar ke seluruh propinsi di Indonesia, pemerintah bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sebagai seorang guru harus tetap bertanggung jawab agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet . Dengan adanya pembelajaran daring guru dan peserta didik sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Guru dituntut mencari alternatif dalam menyampaikan pembelajaran, mulai mencari aplikasi yang mudah sampai yang tidak merepotkan peserta didik dan orang tua.

Sudah hampir satu tahun di SMPN 1 Karanganyar, Kab. Pekalongan telah melaksanakan PJJ . Seiring berjalannya waktu ternyata PJJ ini menemui kendala dimana keaktifan peserta didik dalam PJJ semakin menurun. Kejenuhan belajar merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh peserta didik yang mengakibatkan menurunnya tingkat keaktifan peserta didik dalam PJJ, timbulnya rasa malas, dan menurunnya tingkat prestasi belajar peserta didik. Untuk itu peran guru, orang tua/wali dan peserta didik harus bekerja sama untuk menumbuhkan semangat belajar serta mencari problem solving dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi peserta didik dalam menyerap materi PJJ. Banyak cara dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan kembali semangat belajar peserta didik, diantaranya adalah dengan Home Visit.

Baca juga:  Pengaruh Globalisasi Terhadap Budaya

Home Visit atau kunjungan rumah adalah salah satu jenis kegiatan pendukung bimbingan yang dilakukan oleh pendidik dalam rangka mengumpulkan dan melengkapi data atau informasi tentang peserta didik, dengan cara mengunjungi rumah peserta didik guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Hal ini bertujuan untuk mempermudah guru mendapatkan informasi kegiatan-kegiatan peserta didik ketika berada di rumah. Orangtua juga memperoleh informasi tentang tingkat keberhasilan anak dalam mengikuti PJJ. Home visit merupakan kegiatan untuk memperoleh data keterangan berupa komitmen bagi terselesaikannya masalah peserta didik yang meliputi kondisi peserta di rumah, fasilitas yang ada di rumah, hubungan peserta didik dengan keluarga, kebiasaan peserta didik, serta komitmen orangtua dalam membimbing peserta didik dirumah dalam kegiatan PJJ. Adanya pengawasan dari orangtua di rumah akan membuat anak lebih termotivasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

Baca juga:  Korona vs Pembelajaran

Dengan home visit ini akan melahirkan kedekatan emosional antara wali kelas dan peserta didik sehingga terciptanya hubungan yang harmonis dan saling timbal balik. Keluarga juga mendapatkan pandangan, pemahaman, arahan, motivasi, sikap dan cara yang perlu dilaksanakan oleh keluarga peserta didik. Dari kegiatan Home Visit yang dilakukan oleh guru – guru di SMP N 1 Karanganyar ini ternyata ditemukan masalah-masalah dalam belajar misalnya, peserta didik tidak bisa mengakses internet, masalah quota mahal, peserta didik tidak aktif bahkan tidak mau peduli untuk belajar, kecenderungan main game on line, begadang malam, peserta didik tidak pernah atau mau mengirim tugas padahal HP nya selalu Online, dan sebagainya. Semua masalah ini harus cepat diantisipasi, diinventarisir, dikomunikasikan serta dicari solusi yang tepat serta bijak oleh sekolah terutama para walikelas , guru dan guru BP/BK. Berdasar hasil Home Visit ini dicari solusi yang tepat bagi tiap-tiap peserta didik yang bermasalah tentunya dengan dukungan penuh dari orang tua. Dengan terjalinnya kerjasama yang baik antara Guru dan Orang Tua dalam memantau perkembangan peserta didik, diharapkan peserta didik bisa mengikuti PJJ yang dilaksanakan selama masa pandemi ini dengan baik. (ti2/zal)

Baca juga:  Belajar Cahaya Menggunakan Video di Masa Pandemi

Guru SMPN 1 Karanganyar, Kab Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya