alexametrics

Efektivitas Quizizz dalam Penilaian Multiple Choice

Oleh : Daryanto, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang peserta didik.Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.

Aktivitas penilaian memiliki signifikansi dengan proses pendidikan, khususnya yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran. Tanpa ada komitmen dan kemampuan yang relevan dengan proses penilaian itu. Maka pendidikan yang diharapkan untuk memanusiakan manusia memungkinkan dapat beralih fungsi menjadi sebuah prosedur yang menafikan aspirasi dan kreatifitas peserta didik.

Oleh karena itu, guru selaku pelaksana pendidikan dan pengajaran di sekolah dituntut selalu memperbaharui ilmu pengetahuannya agar sejalan dengan kemajuan yang ada dalam masyarakatnya. Pembaharuan yang harus dilakukan guru tidak saja yang bersifat intern, seperti tuntutan profesionalitas selaku pengemban profesi keguruan.

Baca juga:  V-Lab Solusi Jitu Belajar Suhu-Pemuaian saat Pandemi

Tetapi juga pembaharuan yang bersifat ekstren, seperti memiliki gerak yang dinamis dalam masyarakatnya. Dengan demikian seorang guru adalah inovator di dalam lembaganya juga motivator bagi masyarakatnya.

Menurut Rusli Lutan, penilaian meliputi melakukan tes dan penilaian. Penilaian dimaksudkan untuk memberikan informasi yang kemudian digunakan sebagai tujuan terhadap informasi. Penilaian dalam pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran yang telah diajarkan guru.

Penggunaan metode yang berbeda dan penggunaan bentuk penilaian yang berbeda untuk mendapatkan sebuah informasi mengenai sejauh mana hasil belajar siswa atau pencapaian kompetensi atau keterampilan siswa dengan mengejar beberapa tujuan tersebut.

Penilaian bentuk soal multiple choice memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Soal pilihan ganda cocok untuk digunakan semua bentuk jenis materi dan dapat digunakan untuk mengukur sejumlah tujuan pendidikan. Mereka cocok untuk mengukur semua kelas atau level dalam pembelajaran. Mulai dari materi yang sederhana sampai materi yang sulit. Bagaimana cara menyusun soal bentuk multiple choice.

Baca juga:  Bermain Role Playing Membangkitkan Minat Belajar Siswa

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran untuk penilaian formatif. Penggunaannya sangat mudah dan efektif, kuis interaktif dengan multiple choice yang dibuat memiliki hingga 4-5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

Pada quizizz juga dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan. Bila kuis sudah jadi, guru dapat membagikannya kepada siswa anda dengan menggunakan kode 6 digit yang dihasilkan.

Quizizz dapat digunakan sebagai alat penilaian dalam pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi materi yang diajarkan. Penilaian ini dapat melibatkan partisipasi siswa secara aktif. Selain itu tuntutan dari era revolusi industri 4.0 membuat berbagai sektor kehidupan termasuk bidang pendidikan perlu melakukan reorientasi dalam menentukan arah kebijakan pendidikan dalam menjawab tantangan.

Baca juga:  Pengembangan Karakter di SDN Kesamiran 01

Dalam masa Covid-19 pembelajaran secara keseluruhan dilakukan secara daring, quizizz sebagai alat penilaian online yang dapat diakses di mana saja, kapan saja. Hasil belajar quizizz terekap secara lengkap dalam bentuk file excel, sehingga memudahkan guru dalam menentukan peserta didiknya yang tuntas ataupun tidak tuntas. Baik guru ataupun peserta didik dapat langsung melihat skor dan peringkat dalam aplikasi quizizz. Selain itu dapat meningkatkan kreativitas guru. Guru juga dapat menggunakan soal yang sudah tersedia dalam quizizz dalam quizizz. (ti2/lis)

Guru SDN 01 Kebondalem, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya