alexametrics

Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi pada Siswa di Sekolah

Oleh : Hermawati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM kehidupan sehari-hari, banyak sekali permasalahan yang dihadapi dan butuh penyelesaian dengan baik. Banyak cara yang digunakan untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. Disini penulis sebagai guru PPKN di SMP Negeri 3 Kendal untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam demokrasi pancasila diantaranya mengalami perbedaan, menjunjung persatuan dan kesatuan, mengutamakan musyawarah untuk mufakat dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan ciri khas demokrasi pancasila lebih bersifat kekeluargaan dan sangat menghargai hak-hak asasi setiap orang dan menjamin hak minoritas masyarakat.

Penulis disini sebagai pengajar memberi contoh pada peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi pancasila di sekolah contohnya disini mengenai mengakui perbedaan, bahwa peserta didik ditanamkan untuk mengakui perbedaan itu suatu indah di Negara kita Indonesia, karena di Indonesia banyak keberagaman yang ada di negara ini, tidak ada di Negara lain sehingga kita sebagai warga Negara Indonesia patut merasa bangga sebagai bangsa Indonesia.

Keberagaman disini mengenai perbedaan suku, ras, agama, bahasa dan lain-lain. Juga mengenai keberagaman social budaya, ekonomi maupun gender. Dengan banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa kita, peserta didik lebih saling menghormati dan menyayangi serta menyinergikan dan menyelaraskan segala macam perbedaan yang ada di sekitar kita.

Baca juga:  Meningkatkan Penguasaan Noun Phrase Siswa melalui Permainan Rotar

Penulis sebagai pengajar PPKN di SMP Negeri 3 Kendal dalam memberi pengajaran tunas memotivasi peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat walau kita berasal dari latar belakag yang berbeda kita harus terus pupuk persatuan dan kesatuan bangsa supaya tercipta keindahan harmoni yang mampu untuk merekatkan berbagai perbedaan. Dengan menanamkan nilai-nilai demokrasi pada peserta didik di sekolah untuk menjunjung nilai persatuan dan kesatuan pada peserta didik di sekolah contohnya dalam penyelesaian suatu masalah di kelas kalau ada masalah harus diselesaikan dengan cara musyawarah contohnya dalam pemmilihan pengurus kelas, pemilihan OSIS itu juga melalui pemilihan secara demokratis. Sehingga tercipta nilai-nilai demokrasi yang baik.

Sehingga di sini peserta didik tahu manfaat dari demokrasi yang benar dan baik yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila sehingga kelak peserta didik nanti bisa diterapkan didalam lingku ngan masyarakat bagaimana demokrasi dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak menyimpang dari nilai–nilai luhur demokrasi pancasila. Di sini penulis memberi contoh pada peserta didik mengenai demokrasi yang menyimpang dari nilai-nilai pancasila contohnya demokrasi yang anarkis yang merusak fasilitas umum milik pemerintah untuk kepentingan masyarakat dirusak, dalam menyampaikan aspirasi masyarakat mengganggu kepentingan masyarakat. Demokrasi juga menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang perlu kita tanamkan pada peserta didik kita. Tapi dimasa pandemic ini penulis sebagai pengajar mata pelajaran PPKN merasa sedih tidak bisa tatap muka untuk memberi contoh secara langsung nilai-nilai demokrasi pancasila yang baik pada peserta didik.

Baca juga:  Pembelajaran Congratulation Cards dengan Teknik Modelling

Nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi menjadi sikap dan budaya demokrasi yang perlu dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik. Nilai-nilai demokrasi merupakan nilai yang sangat diperlukan untuk mengembangkan sikap yang demokratis. Demokrasi tidak akan datang, tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Demokrasi perlu terus kita tanamkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam dilingkungan manapun kita berada. Penulis sebagai pengajar ters menananmkan dan memberi motivasi pada peserta didik untuk terus selalu menanamkamn nilai-nilai luhur pancasila pada peserta didik. Semoga anak didik kita kelak menjadi pemimpin yang jujur, adil, penuh tanggungjawab dan demoksratis.
Penulis juga mengingatkan demokrasi tidak jhanya dilingkungan Negara, tapi sejak dini sudah kita ajarkan nilai-nilai demokrasi pancasila pada anak kita didalam lingkungan keluarga, itu awal pengajaran demokrasi pancasila pada peserta didik kita. S Diakhir penulis terus menanamkan sikap demokratis sebagai budaya bangsa Indonesia yang tertanam sejak lama pada peserta didik supaya terus kita pertahankan nilai-nilai luhur demokrasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. (*/zal)

Baca juga:  Memahami Teori Peluang dengan Problem Based Learning

Guru SMP Negeri 3 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya