alexametrics

Belajar Siklus Air Mengasyikkan dengan Media Diorama

Oleh : Sri Mulyanti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BELAJAR merupakan suatu proses sadar yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu pemahaman atau pengetahuan baru sehingga memungkinkan terjadinya perubahan perilaku dan cara berfikir seseorang. Guru sebagai pelaku Pendidikan dengan salah satu perannya menstranfer segala aspek ilmu pengetahuan, dituntut mampu berinovasi dalam mengajar. Seperti saat pandemi sekarang ini yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran daring atau belajar dari rumah, pembelajarannya hanya lewat grub whatshap. Sistem pengajaran harus dapat membantu siswa mengembangkan diri secara optimal serta mampu mencapai tujuan-tujuan belajarnya.

Seperti terlihat pada hasil belajar IPA KD 3.8 “ Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup “ Kelas V di SDN 02 Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang yang masih sangat rendah terbukti dengan nilai siswa yang hanya mencapai 25% dari jumlah siswa 20. Hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya membaca buku paket dan belum manggunakan media sehingga siswa sulit memahami materi yang disampaikan.

Baca juga:  Model Teams Games Tournament dalam Servis Bola Voli

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan usaha manusia dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran sehingga mendapat suatu kesimpulan. Guru khususnya yang mengajar IPA di sekolah dasar, diharapkan mengetahui dan mengerti hakikat pembelajaran IPA., sehingga dalam pembelajaran guru tidak kesulitan dalam mendesain pembelajaran (susanto, 2013:167)

Media pembelajaran biasanya digunakan oleh guru untuk menyampaikan pembelajaran, agar materi atau informasi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima siswa, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Menurut Arsyad (2002:4) media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebarkan ide, gagasan atau pendapat, sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. Dalam pembelajaran siklus air ini penulis menggunakan media Diorama.

Baca juga:  Mari Kenali Lambang Pancasila dengan Make a Match

Menurut Yudhi Munadi 2013:109 bahwa media diorama adalah pemandangan tiga dimensi dalam ukuran kecil untuk memperagakan atau menjelaskan suatu keadaan atau fenomena yang menunjukkan aktivitas. Di dalam diorama terdapat benda tiga dimensi yang berukuran kecil seperti rumah-rumahan, orang-orangan, dan lain-lain. I Nyoman Sudana Degeng, dkk 1993:77 mendefinisikan diorama sebagai kotak yang melukiskan suatu pemandangan yang mempunyai latar belakang dengan perspektif sebenarnya, sehingga menggambarkan suatu suasana yang sebenarnya. Diorama merupakan gabungan antara model tiruan tiga dimensi dengan gambar perspektif dua dimensi dalam suatu penampilan utuh. Dari pernyataan beberapa ahli diatas tentang diorama, dapat disimpulkan bahwa diorama merupakan gabungan antara model dengan gambar perspektif dalam suatu pnampilan utuh yang menggambarkan suasana sebenarnya. Media diorama merupakan salah satu media tiga dimensi. Muedjiono dalam Daryanto 2010:29 mengungkapkan bahwa ada kelebihan media tiga dimensi antara lain: Memberikan pengalaman secara langsung. Penyajian secara konkret dan menghindari verbalisme. Dapat menunjukkan objek secara utuh baik konstruksi maupun cara kerjanya. Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas. Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.

Baca juga:  Model Pembelajaran Picture and Picture pada Teks Deskripsi

Dengan penggunaan Media Diorama siswa terlihat sangat senang dan lebih tertarik melihat media ini sehingga terlihat hasil evaluasi tentang siklus air ini semakin meningkat yaitu 85% dari jumah siswa 20. (pg2/zal)

Guru SDN 02 Widuri, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya