alexametrics

Belajar Matematika Itu Mudah dan Menyenangkan

Oleh: Sugeng Sutiyarso, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA adalah pelajaran yang paling ditakuti oleh kebanyaan orang. Dalam hal ini maka pelajaran matematika selalu tidak disenangi oleh peserta didik. Di SMA Negeri 1 Baturetno utamanya pada peserta didik yang mengambil jurusan IPS kebanyakan mengeluh dengan pelajaran matematika. Setiap kali saya mengajar, saya selau memberikan informasi betapa pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari atau di masa yang akan datang. Walaupun bukan statistik atau trigonometri yang kita pakai, akan tetapi pengunaan yang kita terapkan. Misalnya seorang tukang batu pada suatu bangunan pun membutukan matematika untuk menghitung berapa banyak batu bata yang harus di pasang setiap satu meter persegi sehingga mereka dapat mengetahui berapa banyak batu bata yang harus dipasang dalam satu hari. Disitulah fungsi matematika. Karena setiap kali mendengar kata “Matematika”. Apakah yang terlintas di dalam benak hati kita? Pastinya kita membayangkan pelajaran matematika sebagai suatu pelajaran yang sangat-sangat membingungkan, membosankan, menyulitkan dan menakutkan.

Baca juga:  Plotagon Atasi Kebosanan Siswa Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang paling tidak disenangi oleh kebanyakan peserta didik karena biasanya tidak memahami akan perhitungan ataupun karena kesulitan dalam hal soal cerita. Sebenarnya matematika suatu pelajaran yang tidak harus ditakuti atau dihindari apalagi pelajaran matematika akan selalu ada dalam ranah sekolah, di perkuliahan maupun di dalam kehidupan sehari-hari.

Matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kita memang tidak menggunakan peluang ataupun limit fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Namun masih menggunakan aspek-aspek matematika, seperti berbelanja. Kita pasti harus menghitung berapa besar yang haru kita bayarkan dan berapa pengembalian yang harus kita terima. Apalagi saat kita berbelanja dan kebetulan ada diskon kita harus ngerti bukan cara menghitung potongan harga dalam sebuah barang. Bukan hanya sampai disitu, ternyata pelajaran matematika bukan sekedar mencari variable konstanta akan tetapi pelajaran matematika menerapkan cara untuk mengembangkan logika berpifir logis, melatih kita mencari jalan keluar atau solusi dari sebuah permasalahan.

Baca juga:  Mengurutkan Angka dengan Kereta Bilangan pada Kelas 1

Oleh karena itu sangat penting sekali bagi setiap orang untuk belajar matematika mulai dari jenjang taman kanak-kanak untuk mengenal angka sampai ke dalam dunia Universitas maupun dunia kerja yang membutuhkan matematika dengan tahap lebih lanjut seperti kalkulus tingkat lanjut bagi mahasiswa teknik sipil, teknik arsitektur, dll.

Jika anak kita kesulitan dalam belajar matematika. Kita harus mulai membibingnya dari sekarang karena jika anak tidak dapat mengerti konsep dasar matematika, maka ia tidak akan pernah dapat lanjut ke tahap berikutnya karena semua didasari oleh konsep dasar matematika.
Kita tidak perlu kawatir,pelajaran matematika dapat menjadi pelajaran yang sangat mudah dan menyenangkan jika kita mengetahui cara belajar dan metode penyelesaian soal yang benar. Jangan membenci suatu pelajaran, karena semakin kita membenci pelajaran tersebut kita tidak pernah akan dapat menguasai pelajaran tersebut.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Efektif dan Menyenangkan dengan Power Point

Sebagai orang tua, ada baiknya jika kita menerapkan pemikiran bahwa anak kita dapat berhasil dalam menguasai pelajaran matematika dan matematika adalah pelajaran yang mudah dan menyenangkan. Pujilah anak kita jika berhasil menyelesaikan soal-soal latihan atau lulus ujian matematika. Hal ini dapat memberi motivasi mereka untuk terus berlatih menyelesaikan soal matematika. Setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Begitu pula dengan cara kerja otak seseorang dalam memahami dan memecahkan sebuah soal. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi orang tua agar selalu memotivasi anak bahwa matematika pelajaran yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari. (pg2/zal)

Guru SMAN 1 Baturetno.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya