alexametrics

Whatsapp Group Mempermudah Anak Mengekspresikan Cerita Fabel

Oleh: Sunarsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan tonggak yang memegang peranan sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Rendahnya kualitas pendidikan menjadi penyebab dari krisisnya sumber daya manusia. Salah satu komponen penting dalam penunjang peningkatan kualitas peserta didik sebagai sumber daya manusia yaitu seorang guru. Guru merupakan elemen yang penting dalam dunia pendidikan. Guru adalah sosok seorang figur pemimpin, seorang arsitektur yang dapat membentuk jiwa dan watak serta membangun kepribadian dari anak didik menjadi seorang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan juga agama. Pentingnya seorang guru bergantung kepada guru itu sendiri. Sedikitnya ada tiga kata yang dapat menjadikan seorang guru penting yang tidak saja dalam pembelajaran di kelas, tetapi dalam kehidupan bermasyarakat pula.

Tiga kata tersebut sekaligus menjadi sifat dan karakteristik dari guru yaitu kreatif, profesional, dan menyenangkan. Guru harus kreatif dalam memilih dan memilah, serta mengembangkan materi standar untuk membentuk kompetensi peserta didik. Guru harus profesional dalam membentuk kompetensi yang sesuai dengan karakteristik dari peserta didik. Guru juga harus menyenangkan, tidak saja bagi peserta didik, tetapi juga bagi dirinya. Artinya, belajar dan pembelajaran harus menjadi makanan yang utama bagi guru dalam kehidupan sehari-hari, harus dicintai, agar dapat membentuk dan membangkitkan rasa cinta dan nafsu belajar peserta didik.

Baca juga:  Menarik Minat Belajar Aksara Jawa dengan Game Maze Chase

Mulyasa (2011: 24) menjelaskan bahwa sifat kreatif, professional, dan menyenangkan sangat dituntut dan diperlukan bagi seorang guru sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, kebutuhan masyarakat serta perkembangan terhadap dunia pendidikan. Pada jenjang pendidikan anak usia dini termasuk Taman Kanak-kanak (TK), guru memiliki fungsi yang sangat urgen. Keaktifan dan kreatifitas guru pendidikan anak usia dini dituntut agar anak dapat berkembang dan meningkatkan pengetahuannya. Penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran pendidikan anak usia dini akan dapat meningkatkan minat dan motivasi anak. Pemanfaatan media pembelajaran akan dapat mempermudah proses pembelajaran dan menyampaikan materi pembelajaran.
Rayanda Asyar (2012: 8) mengemukakan bahwa media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Arief Sadiman (2008: 7) turut menambahkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Salah satu media yang dapat dimaanfaatkan pada proses pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi secara aktif dan efektif adalah Whatsapp Group (WAG).

Baca juga:  Membentuk Pelajar Pancasila

Penulis sekaligu guru TK Handayani XII Muncang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang memanfaatkan media ini untuk menyampaikan materi pembelajaran tentang memahami bahasa eskpresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal), yaitu dengan latihan bercerita. langkah-langkah dalam memanfaatkan media pembelajaran Whatsapp Group (WAG) pada proses pembelajaran adalah pertama guru mengumpulkan nomor orang tua sebagai perwakilan dari anak didik. Guru memasukkan semua nomer ke sebuah WAG yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Pada hari pelaksanaannya, guru menyampaikan materi tentang cerita-cerita fabel melalui WAG. Guru memberikan tugas kepada anak didik untuk bercerita dan direkam kemudian dikirimkan melalui WAG. Anak didik sangat tertarik untuk bercerita melalui rekaman dan dikirimkan dengan WAG. Minat dan motivasi anak didik meningkat secara darstis. (*/zal)

Baca juga:  Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Gerak dan Lagu

Guru TK Handayani XII Muncang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya