alexametrics

Mahir Menulis Puisi dengan Koreks

Oleh : Inneke Kristiana Dewi S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PUISI merupakan karya sastra hasil ungkapan isi hati penulis yang di dalamnya ada irama, lirik, dan rima pada setiap barisnya. Puisi dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun dengan kata yang padat dan penuh makna. Puisi mengutamakan bunyi, bentuk, dan makna yang ingin disampaikan. Puisi yang baik memiliki makna yamg mendalam dengan memadatkan segala unsur bahasa.
Puisi memiliki dua unsur pembangun yaitu unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik merupakan unsur yang dapat dikenali langsung oleh pembaca seperti majas, irama, kata-kata konotasi, dan kata berlambang. Sedangkan unsur batin merupakan unsur yang tersembunyi di balik unsur-unsur fisik, seperti tema, amanat, perasaan penyair, nada, atau sikap penyair. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan erat sehingga menjadikan puisi memiliki kesan atau arti yang mendalam bagi penulis atau pembacanya.

Salah satu kompetensi keterampilan yang harus dikuasai peserta didik di jenjang SMP kelas VIII yaitu menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis atau lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Keterampilan menulis puisi bukanlah suatu keterampilan yang instan, tetapi perlu adanya latihan secara bertahap dan dilakukan secara terus-menerus. Dengan pembelajaran menulis puisi, peserta didik diharapkan dapat mengekspresikan atau mengungkapkan perasaan atau gagasannya. Selain itu, kreativitas peserta didik juga bisa terasah dengan kegiatan tersebut. Akan tetapi, dalam pembelajaran sehari-hari di SMP Negeri 3 Kedungwuni masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menemukan ide, menentukan kata-kata dalam puisi, belum terbiasa mengungkapkan perasaan atau imajinasi dalam puisi, dan kurang memiliki minat untuk menulis puisi.
Dengan berbagai permasalahan yang dialami selama pembelajaran tersebut, guru dituntut memiliki kreativitas untuk menciptakan pembelajaran menulis puisi yang menyenangkan dan mudah dipahami. Guru perlu memiliki kemampuan memilih media yang dapat menunjang efektivitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Baca juga:  Microsoft Teams 365 Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi

Salah satu media yang dapat digunakan untuk menulis puisi yaitu dengan koran eksplanasi (Koreks). Maksudnya adalah teks eksplanasi yang terdapat pada media massa/koran yang berisi proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan. Teks ini termasuk genre teks faktual yang bertujuan memberikan informasi kepada pembaca mengenai fenomena alam ataupun fenomena sosial. Teks ini memiliki ciri-ciri mengandung fakta, menjelaskan tentang sebab akibat, dan memberikan infomasi yang bersifat objektif.

Pembelajaran menulis puisi dengan koreks dilakukan dengan langkah-langkah, guru menyiapkan koran eksplanasi, guru memberikan arahan kepada peserta didik tentang kompetensi dasar dan garis-garis besar langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan, peserta didik membaca dan mencermati koran eksplanasi, menentukan tema dan judul puisi berdasarkan isi wacana koran eksplanasi, menentukan pilihan kata yang tepat sesuai dengan tema, menggunakan gaya bahasa, menuliskan kalimat puitis berdasarkan kata yang telah dipilih, menata baris-baris menjadi bait sesuai dengan isi sehingga tercipta sebuah puisi yang utuh, menyunting puisi, dan menyajikan puisi.

Baca juga:  Kiat Atur Jadwal Belajar di Rumah vs Kerja di Rumah

Pembelajaran menulis puisi dengan koran eksplanasi merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Penggunaan media koran eksplanasi ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, dan mampu meningkatkan peran aktif peserta didik selama proses pembelajaran. Selain itu, pesera didik dapat dengan lebih mudah dalam menemukan ide, menentukan kata-kata, dan mengungkapkan imajinasi dalam bentuk puisi. (ti2/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 3 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya