alexametrics

Pelajari Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Aktivitas

Oleh : Imron Ashadi S.Pd M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SELAMA pandemi Covid-19 hingga kini, pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih berlangsung. Hal ini menyebabkan kejenuhan dan menurunnya motivasi belajar peserta didik. Sehingga perlu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu alternatif untuk mengurangi kejenuhan dan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas IX dalam pembelajaran matematika dapat digunakan modul pembelajaran berbasis aktivitas pada materi bangun ruang sisi lengkung (BRSL) meliputi tabung, krucut, dan bola yang dipadukan dengan grup whatsapp kelas dan google classroom.
Modul pembelajaran berbasisis aktivitas berisi 1) tujuan pembelajaran (sesuai KD), 2) peta kompetensi, 3) aktivitas pembelajaran, 4) sumber/bahan/alat pembelajaran, 5) bahan bacaan, 6) refleksi, 7) soal latihan, dan 8) umpan balik.

Aktivitas menghias tabung, sebagai contoh pembelajaran. Tujuan pembelajaran melalui aktivitas menghias tabung peseta didik dapat menentukan luas permukaan tabung serta menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan luas permukaan tabung secara tepat.

Baca juga:  Google Classroom sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Peta kompetensi dari menghias tabung, kemudian menentukan luas permukaan tabung serta menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan luas permukaan tabung secara tepat dijabarkan, 1) menjiplak bagian tutup, selimut dan alas. 2) Menggunakan kertas hasil jiplakan tutup, selimut dan alas tabung. 3) Menentukan bangun yang terbentuk dari guntingan jiplakan tutup, selimut, dan alas tabung. 4) Menempelkan kertas hasil gutingan jiplakan tutup, selimut dan alas pada kertas kerja. 5) Melukis serta mewarnai tabung.

Aktivitas belajar, 1) berdoa. 2) Menyiapakan benda berbentuk tabung. 3) Menyiapkan kertas polos untuk melapisi permukaan tabung dan jiplakan bagian tutup, selimut, dan alas. 4) Menggunting kertas hasil jiplakan tutup, selimut, dan alas tabung kemudian memberikan nama bangun datar yang sesuai jiplakan. 5) Menempel hasil guntingan jiplakan tutup, selimut, dan alas tabung pada kertas kerja. 6) Menarik simpulan berdasarkan aktivitas yang dilakunan bahwa jaring-jaring tabung terdiri atas 2 sisi berbentuk lingkaran (tutup dan alas) dan 1 sisi berbentuk persegi panjang.

Baca juga:  Belajar Bahasa Indonesia Lebih Kreatif dengan Critical Incident

Sumber/bahan/alat, 1) sumber buku literasi. 2) Bahan/alat, benda berpentuk tabung, kertas, pensil, gunting, lem dan crayon/pensil warna. Bahan bacaan, berisi ringkasan materi tentang luas permukaan tabung, contoh soal serta penyelesaiannya. Refleksi, pada bagian ini peserta didik mengisi penilain diri dengan jujur dan sebenarnya ketika menyelesaikan modul meliputi, 1) memilih emogi gambar yang mewakili perasaan dan emosi. 2) Apa yang sudah kalian pelajari? 3) Apa yang kalian kuasai dari materi ini? 4) Bagian apa yang belum kalian kuasai? 5) Apa upaya kalian untuk mengusai yang belum kalian kuasai? 6) Sebutkan hal-hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran? 7) Sebutkan hal-hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran. Soal latihan, memberikan beberapa soal untuk mengecek kemampuan peserta didik. Umpan balik, guru memberikan umpan balik aktivitas pembelajaran peseta didik.

Baca juga:  Quizziz sebagai Solusi Media Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi

Guru dapat mengembangakan aktivitas pembelajaran menumpuk koin untuk menentukan volume tabung, menghias kerucut untuk menentukan luas kerucut, menuang beras dari benda berbentuk kerucut ke benda berbentuk tabung untuk menentukan volume kerucut, menempel kulit jeruk untuk menentukan luas bola, dan menuang beras dari benda berbentuk kercut ke benda berbentuk bola untuk menentukan volume bola.

Diharapkan dengan modul berbasis aktivitas ini mampu mengatasi kejenuhan dan meningkatakan keterlibatan peserta dididik dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan pembelajaran bermakna tetap terwujud yang bermuara pada peningkatan hasil belajar. (kb4/ida)

Guru Matematika SMP Negeri 3 Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya