alexametrics

Tingkatkan Kepedulian Lingkungan dengan Proyek Poster Pemanasan Global

Oleh : Daniel Achwan Djoko Susanto, S.Pt

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, lKondisi lingkungan global dewasa ini telah mengalami kerusakan pada taraf yang mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan terjadinya polusi, baik air, tanah, udara dan polusi suara yang berlangsung terus-menerus dan masif. Untuk mencegah kerusakan lingkungan global terus berlanjut, telah banyak diupayakan langkah pencegahannya.

Di Indonesia langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan telah, sedang dan terus dilaksanakan, dengan tujuan untuk mencegah semakin parahnya kerusakan lingkungan yang terjadi.

Dunia pendidikan dalam hal ini sekolah juga berperan aktif dalam pencegahan kerusakan lingkungan global, melalui berbagai upaya. Salah satunya adalah melalui penguatan pendidikan karakter. Dalam hal ini karakter peduli dan cinta lingkungan. Pendidikan karakter peduli dan cinta lingkungan dapat diintegrasikan dalam pembelajaran mata pelajaran yang materinya bersinggungan dengan aspek lingkungan.
Pada mata pelajaran IPA, yang objek pembelajarannya adalah alam beserta gejala-gejala yang ada di dalamnya. Tentunya banyak materi pelajaran yang bersinggungan dengan aspek lingkungan, salah satunya adalah materi pemanasan global (global warming) di kelas VII SMP semester genap. Pada pembelajaran materi pemanasan global dapat diintegrasikan pendidikan karakter peduli dan cinta lingkungan melalui tugas proyek. Yaitu membuat poster bertemakan penanggulangan pemanasan global.

Baca juga:  Kerja Sama Guru dan Siswa Dalam PJJ

Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010:51), pengertian poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan. Dengan tujuan untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya. Tujuan utama dibuatnya poster adalah untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak secara lengkap,

Perlindungan lingkungan Amerika Serika menjelaskan bahwa pemanasan global (global warming) ialah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi, baik yang telah berlalu maupun yang sedang terjadi pada saat ini. Sebagian besar kejadian dipengaruhi oleh peristiwa efek rumah kaca di atmosfer bumi. Global warming inilah yang menyebabkan adanya perubahan iklim.

Baca juga:  Demo Tugas Meningkatkan Kemampuan Dribble Bola Basket

Pemanasan global disebabkan oleh beberapa faktor seperti emisi CO2 dari pembakaran bahan bakar fosil, emisi metana dari hewan, lahan pertanian dan dari dasar laut Arktik, deforestation (penebangan liar) disertai pembakaran hutan, penggunaan CFC, meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.
Sedangkan dampak dari pemanasan global antara lain, temperatur bumi meningkat, mencairnya glasier yang menyebabkan kadar air laut meningkat. Hilangnya terumbu karang, kepunahan spesies yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran dan penipisan lapisan ozon.

Tugas proyek pembuatan poster bertemakan penanggulangan pemanasan global diberikan kepada siswa kelas VII SMPN 28 Semarang, setelah siswa mengikuti pembelajaran materi pemanasan global. Tujuan tugas proyek ini agar siswa semakin memahami apa yang dimaksud dengan pemanasan global. Penyebab, dampak dan cara penanggulangannya. Siswa semakin memiliki karakter peduli dan cinta terhadap lingkungan sebagai upaya pencegahan terhadap pemanasan global.

Baca juga:  PJJ IPS Lebih Bermakna dengan Kehadiran Guru melalui Video Pembelajaran

Tugas proyek ini dilaksanakan secara kelompok. Tiap kelompok terdiri atas empat anak, waktu penyelesaian tugas selama satu minggu. Setelah poster selesai, tiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas secara bergantian. Setelah satu kelompok selesai mempresentasikan karyanya, maka kelompok lainnya memberikan tanggapan dan sarannya.

Penugasan proyek pembuatan poster bertemakan penanggulangan pemanasan global secara kelompok di kelas VII SMPN 28 Semarang mengharuskan siswa memahami konsep pemanasan global. Apa penyebabnya dan bagaimana dampaknya terhadap makhluk hidup dan lingkungan global serta bagaimana pencegahannya. Dengan pemahaman tersebut diharapkan siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu dengan berperilaku yang semakin peduli lingkungan baik di rumah, di sekolah atau di manapun mereka berada. (ipa1/lis)

Guru IPA SMPN 28 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya