alexametrics

Kegiatan Membaca Bersama dengan Big Book di Kelas Awal

Oleh : Al Khekmah, S.Ag

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Membaca merupakan keterampilan yang sangat penting. Guru perlu memperhatikan keterampilan ini sejak dini agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajarnya dan keterampilan membaca berpengaruh terhadap pencapaian kemampuan akademik mereka. Semakin baik keterampilan membaca siswa, semakin baik pula pencapaian kemampuan akademik mereka.

Di dalam kelas, biasanya terdapat siswa dengan keterampilan membaca yang beragam. Hal ini tentunya membutuhkan penanganan yang cukup serius agar keterlaksanaan proses belajar dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu guru harus memikirkan strategi membaca yang baik agar keterampilan membaca dapat dicapai oleh siswa. Di antaranya dengan kegiatan membaca bersama.

Mengapa kegiatan membaca bersama penting bagi siswa MI Nurul Ulum Depok Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang? Membaca bersama merupakan proses pembelajaran yang penting untuk menunjukkan dan mendukung pembelajaran membaca. Dalam kegiatan membaca bersama, siswa melihat teks, mengamati ahli (guru) yang membaca dengan fasih dan ekspresif, dan diajak membaca bersama. Kegiatan membaca bersama sangat bermanfaat karena dapat mempererat hubungan antara siswa dan guru. Penelitian menunjukkan bahwa membaca bersama pada kelas 2 dalam meningkatkan keterampilan membaca. Setelah 4 bulan, siswa yang memiliki pengalaman membaca bersama di dalam kelasnya memiliki kemampuan menganalisa dan memahami materi dengan lebih baik, dan kelancaran dalam kelompok meningkat (Allington, 2001, p.81 “What Really Matters for Struggling Readers: Designing Research Based Programs, New York: Adisson Wesley Longman).

Baca juga:  Dengan Metode Talking Stick Hasil belajar Tematik Jadi Baik

Bagaimana prosedur membaca bersama dengan menggunakan Big Book? Sebelum melakukan kegiatan membaca bersama yang perlu disiapkan di antaranya : Guru memiliki catatan kemampuan membaca siswa, misalkan kelompok siswa yg belum bisa membaca sama sekali dan belum mengenal huruf, kelompok siswa yang belum lancar membaca dan kelompok siswa yang sudah lancar membaca. Guru menyiapkan Big Book untuk kegiatan membaca bersama dan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada siswa pada saat kegiatan berlangsung, Membaca bersama bisa dilakukan di dalam kelas, di luar kelas atau di perpustakaan yang penting aman, nyaman untuk kegiatan.

Yang pertama dilakukan guru adalah memperkenalkan buku (Big Book), berbicara tentang sampul, judul, penulis, menghubungkan latar belakang pengetahuan siswa dengan topik cerita dan memprediksi cerita, mendiskusikan semua kosa kata dan konsep penting di awal cerita maupun di seluruh bacaan. Guru membaca nyaring dan ekspresif sambil menunjuk kata dan siswa mendengarkan (dan melihat ilustrasi), serta siswa diminta membaca bersama-sama. Guru mendorong siswa untuk berusaha membaca tanpa mengoreksi kesalahan mereka. Siswa membuat prediksi, menebak kata, melihat tanda baca atau spasi, dan memperhatikan dialog bahwa guru kadang-kadang berhenti membaca dan meminta mereka untuk melengkapi kalimat dengan kata berikutnya. Hal ini dilakukan agar guru tahu apakah siswa mengikuti kegiatan dari awal.

Baca juga:  Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Model Parenting

Kegiatan membaca bersama merupakan kegiatan yang cepat dan efisien serta dapat juga melibatkan seluruh kelas sekaligus. Membaca bersama melatih siswa untuk tetap fokus dan terlibat kegiatan, memberikan beragam kegiatan dalam waktu singkat, mengembangkan kompetensi dan kepercayaan diri siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memotifasi mereka untuk senang membaca. Kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa akan membuat mereka nyaman dan dapat memotifasi siswa untuk senang membaca. Selamat mencoba semoga bermanfaat. (gb1/ton)

Guru Kelas MI Nurul Ulum Depok Kec. Kandeman Kab. Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya