alexametrics

Belajar Menggambar Poster Metode Android

Oleh : Sevi Lantiyani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Seni keahlian membuat karya seni rupa, musik dan tari secara visual, audio atau pertunjukan, berkembang di Indonesia memiliki ciri khas penciptanya yang mempengaruhi pengakuan kebudayaan bagi masyarakat.

Seni begitu indah tercipta dari bermacam ide seorang pencipta seni. Sederhananya seni terkadang terlihat indah bagi pencipta dan penikmat seni, dari bermacam ragam seni yang mereka ciptakan. Ragam seni yang diterapkan dalam sebuah poster salah satunya tercipta dari bermacam teknik yang menarik membuat peserta didik didorong untuk kreatif mengeluarkan idenya dalam berkreasi secara efektif.
Menggambar poster ini menuntut peserta didik mampu mengutarakan ide dalam pikirannya.

Tidak hanya melalui kreatifitas tetapi ide dan teknik pembuatannya harus inovatif. Sebagai guru seni budaya seringkali mengalami permasalahan pada saat pembelajaran menggambar poster. Peserta didik merasa bingung, tidak percaya diri dan susah mengeluarkan ide kreatifitasnya.

Baca juga:  Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS melalui Model Jigsaw

Menggambar poster ini diajarkan dalam salah satu KD pada kelas delapan SMP Negeri 2 Kejobong. Menggambar poster disesuaikan dengan tujuan khusus sesuai kemauan penyampaian berupa iklan komersial, pendidikan, informasi, tujuan kemanusiaan atau yang lainnya.

Menurut Sri Anitah (2008:12) poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan beberapa unsur visual dan juga kata-kata yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian dan juga mengomunikasikan kata secara singkat.

Poster tidak hanya tercipta secara visual dicetak bahkan juga bisa secara online. Memperhatikan tujuan dalam pembuatan poster yang bermacam-macam. Untuk mengerjakan materi sederhana ini guru seni budaya menggunakan pembelajaran menggambar poster metode android untuk melatih peserta didik lebih kreatif, percaya diri. Tidak bingung dalam mengeluarkan ide inovatifnya.

Jika kita perhatikan menggambar poster saat ini sangat mudah dikerjakan dengan android. Keunggulan untuk mendesain awal dalam pengeditan pembuatan, pemilihan warna, pemilihan huruf dan gambar yang sangat praktis ditemukan di dalam android dan mudah dalam menghapus jika menemui kesalahan atau belum tepat kreasi desainnya.

Baca juga:  Mengasah Skill Berpikir dengan Tugas Terstruktur

Suatu desain lebih menarik juga dengan android sehingga peserta didik bisa membuat desain apa saja lebih indah dari cara manual. Langkah pertama dalam belajar menggambar poster metode android yaitu memastikan peserta didik memilih satu tujuan pembuatan poster dan desain gambar seni yang berkaitan tentang temanya, yang telah dikerjakan sesuai ide masing-masing.

Peserta didik begitu asyik dalam mengerjakan desain mereka yang telah dipilih. Setelah itu guru menyampaikan kompetensi dasar materi menggambar poster dan metode android. Peserta didik asyik mengerjakan dengan aplikasi desain untuk membuat poster sesuai pilihan masing-masing.

Pembelajaran ini dilakukan di masa pandemi korona maka hanya mengumpulkan proses lewat foto kegiatan dan hasil yang mereka kirim lewat grup whatsapp seni budaya.

Baca juga:  STAD Tingkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sumber Energi Bunyi

Belajar menggambar poster dengan metode android ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik merasa tidak bingung, lebih antusias. Kreatif mengerjakan melalui cara yang asyik, menyenangkan dalam membuat poster. Dan menghasilkan teknik aplikasi yang dipilihnya mirip dengan hasil poster yang tidak meninggalkan era modern. Menumbuhkan rasa percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki. Tanpa ada yang menghambat kreatifitas mereka. Dengan belajar menggambar poster metode android masih jauh dari sempurna, untuk pembaca berikan kritik dan sarannya bagi penulis. Berkaryalah untuk mewujudkan era moderen yang terus berkembang bagi penerus mewujudkan karya nyata. (pm1/lis)

Guru Seni Budaya SMPN 2 Kejobong

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya