alexametrics

Tingkatkan Motivasi Belajar Fisika melalui Kata Bijak saat Pandemi Covid-19

Oleh : Sri Anies Rahayu, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mewabahnya virus korona (Covid-19) secara cepat membawa dampak sangat hebat di semua aspek kehidupan. Salah satunya adalah dunia pendidikan. Dampak terbesar pada pembelajaran terhadap peserta didik. Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan guna antisipasi dampak Covid-19 antara lain mengubah proses pembelajaran dilakukan di rumah. Agar pembelajaran daring dapat berlangsung dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajarannya.

Dengan kondisi seperti ini guru tetap bisa menyikapi kebijakan tersebut dengan memberikan beberapa pembelajaran, baik berupa materi maupun tugas-tugas harian kepada peserta didik. Dalam hal ini, pengalaman penulis selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pemberian tugas-tugas kepada peserta didik belum bisa mencapai maksimal.

Pemberian tugas kepada peserta didik adalah pemberian tugas-tugas yang bersifat aplikasi atau penerapan formula fisika. Misalnya dengan soal-soal hitungan. Pemberian tugas ini dengan jangka waktu yang sudah ditentukan guru. Misalnya selama lima hari, respon yang diterima siswa dalam pengumpulan tugas persentasenya sangat rendah.

Baca juga:  Media Layanan Informasi Meningkatkan Minat Studi Lanjut Lulusan SMA

Dengan beberapa alasan, antara lain soal-soal yang dikerjakan belum begitu paham, banyak rumus yang harus digunakan. Kemudian penulis memberikan tugas yang lain. Yaitu pembuatan artikel tentang materi yang tercantum dalam pembelajaran fisika. Tujuannya agar peserta didik bebas berpikir, bebas berkreasi. Dengan ketentuan waktu seperti tugas yang pertama, hasilnya juga sama. Tidak semua anak membuat tugas tersebut.

Kemudian penulis memberikan tugas berikutnya. berupa pembuatan kata-kata bijak tentang materi fisika. Tujuan penulis memberikan tugas seperti itu mencoba merespon anak. Apakah anak mempunyai motivasi untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan teknik yang berbeda. Ternyata, pemberian tugas berupa pembuatan kata bijak fisika, mendapat respon yang positif dari peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan pengumpulan tugas tersebut dalam waktu yang relatif singkat. Penulis memberikan tugas tersebut dengan kriteria setiap anak membuat empat kata bijak fisika. Pengumpulannya dalam waktu lima hari, seperti tugas-tugas sebelumnya. Tetapi dalam waktu belum sehari saja, anak-anak sudah merespon dengan mengirim hasil pekerjaannya.

Baca juga:  Rekreasi Merangsang Siswa untuk Produksi Cerita Sejarah Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Beberapa anak mengaku pembuatan kata bijak fisika membuat lebih bebas berkarya, lebih asyik dan senang, anak tidak bosan. Selain menulis kata bijak tersebut, anak-anak bisa belajar materi fisika yang terkandung dalam kata bijak tersebut yang berupa penerapan rumus fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh kata bijak yang ditulis anak-anak dalam pembelajaran fisika saat pandemi Covid -19. Hukum Ampere mengajarkan, arus yang masuk sama dengan arus yang keluar. Ketika kita melakukan kejahatan, maka kita akan mendapatkan kejahatan pula. Begitupun dengan kebaikan. Dalam kata bijak tersebut memuat materi tentang Hukum Listrik Dinamis, yang sering disebut Hukum I Kirchhoff. Contoh lain kata bijak, tentang Hukum Gravitasi Newton, Gaya = massa x percepatan gravitasi.

Baca juga:  Pengaruh Media Kliping dalam Artikel terhadap Motivasi Belajar Siswa

Rumus ini mengingatkan anda tetap menginjakkan kaki di bumi meskipun anda dalam keadaan sangat senang. Bila anda melompat terlalu tinggi karena kegirangan, anda akan tetap ditarik kembali ke bumi. Rendah hatilah dalam keadaan apapun.

Contoh yang lain, tentang materi fisika usaha = gaya x perpindahan. Kata bijak yang terkandung dalam materi ini adalah bahwa kalau hidup kita ingin mengalami perubahan yang lebih baik, maka perbesar usaha, jangan perbesar gaya.

Dari hasil pengumpulan tugas dengan respon yang begitu besar, penulis menyimpulkan pemberian tugas berupa kata bijak fisika dapat membantu anak meningkatkan motivasi belajar fisika. (bs1/lis)

Guru Fisika SMAN 1 Wonosegoro, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya