alexametrics

Google Classrrom sebagai Altenatif Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : A. Rifai, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BUntuk meminimalisasi penyebaran korona di lingkungan sekolah, proses kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan di kelas tetapi dialihkan ke rumah. Kondisi ini memaksa guru harus menyiapkan pembelajaran secara online. Maka dalam seketika guru “dipaksa” mengubah model pembelajaran yang biasa tatap muka dialihkan dengan daring.

Yang paling sederhana guru manfaatkan whatsapp group dengan orang tua murid. Tetapi menggunakan whatsapp tentu jadi tugas tersendiri bagi guru. Karena harus mengorganisasi secara manual tugas-tugas siswa yang terkirim di group WA tersebut dan ini tentu membuat pekerjaan lebih sulit.

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan guru dalam pembelajaran online adalah membuat kelas maya dengan Google Classroom. Google Classroom adalah salah satu produk dari Google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Baca juga:  Pengaruh Gaya Belajar dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Siswa Pasca Pandemi

Dengan menggunakan Google Classroom guru bisa membuat kelas maya, mengajak siswa gabung dalam kelas. Memberikan informasi terkait proses KBM, memberikan materi ajar yang bisa dipelajari siswa baik berupa file paparan maupun video pembelajaran. Memberikan tugas kepada siswa, membuat jadwal pengumpulan tugas dan lain-lain.

Media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu guru menciptakan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran saat ini, lebih diarahkan pada aktivitas modernisasi dengan bantuan teknologi canggih dengan harapan dapat membantu mahasiswa dalam mencerna materi pembelajaran secara interaktif, produktif, efektif, inspiratif, konstruktif, dan menyenangkan.

Selain itu, siswa juga diharapkan memiliki life skill dari aplikasi teknologi tersebut. Dengan adanya era teknologi yang semakin berkembang ini maka progam pembelajaran diarahkan untuk bisa memanfaatkan teknologi dengan lebih baik. Salah satu pemanfaatan teknologi saat ini adalah e-learning menggunakan web untuk mengaksesnya. Tidak memungkiri karena banyak siswa sekarang memiliki smartphone jadi lebih mudah untuk mengaksesnya dari manapun berada dan kapanpun juga.

Baca juga:  Belajar Sistem Pencernaan dengan Metode Discovery Learning

Pemanfaatan e-learning yang biasa dikembangkan saat ini adalah menggunakan LMS (Learning Management System). Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Selain itu, google classroom bisa menjadi sarana distribusi tugas, submit tugas bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan (Herman dalam Hammi, 2017).

Dengan demikian, aplikasi ini dapat membantu memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar dengan lebih mendalam. Hal ini disebabkan baik siswa maupun guru dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, menilai tugas di rumah atau dimanapun tanpa terikat batas waktu atau jam pelajaran.

Google Classroom sesungguhnya dirancang untuk mempermudah interaksi guru dan siswa dalam dunia maya. Aplikasi ini memberikan kesempatan kepada para guru untuk mengeksplorasi gagasan keilmuan yang dimilikinya kepada siswa. Guru memliki keleluasaan waktu untuk membagikan kajian keilmuan dan memberikan tugas mandiri kepada siswa. Selain itu, guru juga dapat membuka ruang diskusi bagi para siswa secara online. Namun demikian, terdapat syarat mutlak dalam mengaplikasikan Google Classroom yaitu membutuhkan akses internet yang mumpuni.

Baca juga:  Emosi Sumber Inspirasi Puisi di WA Story

Aplikasi Google Classroom dapat digunakan oleh siapa saja yang tergabung dengan kelas tersebut. Kelas tersebut didesain guru yang sesuai dengan kelas sesungguhnya atau kelas nyata di sekolah. Rancangan kelas yang mengaplikasikan Google Classroom sesungguhnya ramah lingkungan. Google Classroom kelas dirancang untuk membantu guru membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas, termasuk fitur yang menghemat waktu seperti kemampuan untuk membuat salinan google dokumen secara otomatis bagi setiap siswa. (bs1/lis)

Guru Biologi SMAN 1 Wonosegoro, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya