alexametrics

Peran PKn dalam Membangun Karakter Bangsa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN kewarganegaraan yang dikembangkan oleh negara memiliki tujuan supaya setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), (Maftuh dan Sapriya, 2005:30). Yang dapat diartikan, sebagai warga negara yang mempunyai civics inteliegence yakni kecerdasan dalam kewarganegaraan secara intelektual, sosial, dan emosional serta kecerdasan kewargaan secara spiritual. Yang tentunya mempunyai civics responsibility; yakni rasa bangga serta bertanggung jawab dalam bernegara serta mampu ikut serta di dalam kehidupan masyarakat.

Di lingkungan sekolah, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diberikan kepada peserta didik supaya dapat menjadikan mereka warga negara yang baik. Bagaimanakah pendidikan kewarganegaraan berperan dalam pembangunan dan pengembangan karakter dalam diri generasi muda, tentu dapat terjawab jika kontribusi yang diberikan pendidikan kewarganegaraan berhasil mengarahkan generasi muda saat ini untuk berpartisipasi mengusung karakter bangsa.

Baca juga:  Pemimpin adalah Pelaku Perubahan Lembaga Pendidikan

Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan bagaimana warga negara tidak hanya tunduk dan patuh terhadap negara, tetapi juga mengajarkan bagaimana sesungguhnya warga negara itu harus toleran dan mandiri. Pendidikan ini membuat setiap generasi masa depan memiliki ilmu pengetahuan, pengembangan keahlian, dan pengembangan karakter publik. Pengembangan komunikasi dengan lingkungan yang lebih luas juga tercakup dalam PKn. Meskipun pengembangan tersebut bisa dipelajari tanpa menempuh PKn, akan lebih baik jika pendidikan dimanfaatkan untuk pengembangan diri seluas-luasnya.

Rasa kewarganegaraan yang tinggi, akan membuat kita tidak akan mudah goyah dengan iming-iming kejayaan yang sifatnya hanya sementara. Selain itu, kita tidak akan mudah terpengaruh secara langsung budaya yang bukan berasal dari Indonesia dan juga menghargai segala budaya serta nilai-nilai yang berlaku di negara kita. PKn pada hakikatnya adalah sebuah bentuk pendidikan untuk generasi penerus yang bertujuan agar mereka menjadi warga negara yang berpikir tajam dan sadar mengenai hak dan kewajibannya dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, juga bertujuan membangun kesiapan seluruh warga negara agar menjadi warga dunia (global society).

Baca juga:  Belajar Sistem Persamaan Tiga Variabel Mudah dengan Blended Learning

Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PPKn) yang diimplementasikan dengan baik melalui perencanaan yang baik, berlandaskan tujuan pendidikan, serta pemantauan pembelajaran melalui evaluasi, maka tujuan pembelajaran PKn dapat dicapai dengan baik. Bahkan mampu membentuk warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai bagian dari NKRI. Sehingga, semakin berkualitas implementasi pembelajaran PKn, akan semakin baik kesadaran siswa sebagai bagian dari warga negara Indonesia yang memegang peranan penerus bangsa Indonesia.

Pendidikan kewarganegaraan sejatinya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu warga negara melalui pendidikan. Maka dengan PKn, mampu meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap karakter bangsanya, menjadikan mereka warga negara yang baik yang tercermin dalam sikap keseharian dalam mengisi kemerdekaan. (ag1/ida)

Baca juga:  Belajar Aritmatika Sosial dengan Pendekatan Matematika Realistik

Guru PPKn SMPN 3 Ampelgading

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya