alexametrics

Menumbuhkan dan Membangun Motivasi Siswa untuk Belajar

Oleh : Indah Widiasari S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SUNGGUH berat tugas yang diemban oleh guru. Ia seringkali dihadapkan pada beberapa persoalan yang harus segera diselesaikan. Siswa yang tidak perhatian pada pelajaran, rasa bosan akan muncul pada diri siswa. Bahkan, menyebabkan munculnya perilaku/sikap kurang hormat siswa terhadap guru. Ini merupakan sebagian kecil persoalan yang harus segera dicari solusinya.
Guru tidak hanya dituntut harus mampu sebagai agent of learning, tetapi juga harus mampu memerankan dirinya sebagai agent of change (agen perubahan) bagi peserta didik. Karenanya, seorang guru diharapkan dapat menjadi seorang pendidik yang tidak hanya sebatas mengajar, tetapi juga harus mampu memotivasi siswanya.

Motivasi dapat diberikan kepada siswa dengan memperhatikan bakat dan minatnya. Sebagai contoh, bila seorang siswa bercita-cita ingin menjadi pilot, guru dapat mengatakan kepadanya. Seorang pilot itu harus pintar berhitung. Karena dia setiap saat harus mampu memperhitungkan, kapan pesawat akan menghindari gunung, berapa kecepatan ideal yang digunakan, dan kapan untuk lepas landas. Karena keselamatan penumpang ada pada kesiapan si pilot. Bila setiap akan melakukan sesuatu dia bertanya, tentu pesawat tersebut dalam keadaan bahaya.

Baca juga:  Pemberian Motivasi Belajar dengan Menggunakan Lirik Lagu

Mengingat kontribusi motivasi terhadap hasil belajar cukup besar, para guru di SDN 01 Tanjungsari, Pemalang, diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan dapat memanfaatkannya menjadi penggerak kuat para siswa untuk meraih prestasi yang diharapkan. Yang menjadi pertanyaan adalah langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan seorang guru, agar motivasi belajar siswa bangkit. Oleh karena itu, kami sebagai guru di SDN 01 Tanjungsari, Pemalang, harus menyadari bahwa dirinya harus berperan sebagai motivator, yang bertugas memberikan inspirasi atau dorongan supaya proses pembelajaran lebih menyenangkan. Ia harus menolong siswanya supaya memiliki hasrat untuk belajar.

Hal yang dapat diupayakan oleh guru di SDN 01 Tanjungsari, Pemalang, dalam membangkitkan motivasi siswanya, adalah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Peran guru sebagai motivator tak lepas dari perannya sebagai pengelola kelas. Penciptaan suasana pembelajaran yang menyenangkan tak lepas dari perencanaan pembelajaran yang baik. Untuk itu, penulis sebagai guru di SDN 01 Tanjungsari, Pemalang, harus membuat persiapan yang matang sebelum tampil di hadapan siswa. Penulis harus menyiapkan media belajar, model dan strategi pembelajaran, dan teknik penyampaian yang menarik perhatian sekaligus merangsang siswa untuk belajar.

Baca juga:  Membaca Teks Recount Lebih Asyik melalui ICM

Sebenarnya upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menggairahkan belajar siswa sangatlah variatif. Namun hal yang terpenting adalah pelaksana pendidikan tidak surut dalam membimbing para siswa. Kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas yang dilakukan, mudah-mudahan menjadi bingkai indah dalam potret kehidupan mereka. Semoga para guru bisa mengantarkan kesuksesan peserta didik dalam meraih masa depannya. (ag1/ida)

Guru SDN 01 Tanjungsari, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya