alexametrics

Mengenal Benda di Lingkungan Sekitar dengan Flash Card

Oleh : Suliah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, FLASH card merupakan kartu bergambar untuk pembelajaran. Kartu tersebut dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa di kelas VII semester I di SMPN 5 Pemalang.
Pada kompetensi dasar (KD) 3.4 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular).

Sedangkan KD 4.4 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Baca juga:  Peningkatan Minat Belajar Materi Baru Sitar Berbantu Media Google Sketchup

Oleh guru, flash card dipersiapkan terlebih dahulu, sebelum dibagikan kepada siswa. Sebagai stimulus, guru memberikan kesempatan menyebut nama-nama benda di sekitar lalu dicatat. Siswa ada yang sudah mengenal sebelumnya dan ada pula yang baru mengenal kartu tersebut. Guru memperlihatkan contoh flash card yang menarik di depan kelas. Selanjutnya guru membagikan kepada siswa supaya mengamatinya. Guru akan menyebut gambar tiap-tiap flash card.

Berikutnya siswa bersiap menunjukkan flash card yang disebut oleh guru. Proses pembelajaran ini tentunya sangat seru bagi siswa yang baru duduk di kelas 7, meskipun model ini cukup sederhana. “Model pembelajaran sebagai sebuah metode, cara atau strategi dalam kegiatan belajar dan mengajar yang harus memiliki empat unsur, yaitu sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, dan sistem pendukung (Joyce dan Well, 1986:14-15).”

Baca juga:  Profil Guru BK dalam Layanan Mempesona di Masa Pandemi

Memang kali ini guru harus mengoleksi banyak seri flash card sesuai benda-benda di tempatnya masing-masing. Kesempatan berikutnya, guru membagikan flah card yang kedua. Per siswa satu flash card yang berbeda. Kemudian guru mengingatkan kembali kepada siswa untuk mengenal gambar berikut namanya. Guru melakukan kegiatan kedua dengan menyebutkan nama masing-masing flash card dan akhirnya terbentuklah beberapa kelompok. Agar suasana hidup, guru mempersilakan mereka berpindah tempat duduk sesuai kelompok gambar dan sesuai tempatnya. Mereka dengan kelompoknya masing-masing asyik berdiskusi tentang kelompok flash card. Suasana pembelajaran semakin hidup dan semua siswa akif mengikuti materi tersebut.

Pendidikan adalah suatu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya (Ki Hajar Dewantara).

Baca juga:  Asyiknya Belajar Teks Report dengan Think Pair Share

Agar pembelajaran lebih mengena pada siswa, maka guru menugaskan untuk membuat 2 lembar flash card setiap siswa untuk dikumpulkan. Guru memberikan contoh bentuk dan ukurannya, untuk bahan dasar disamakan, warna dan gambar sesuai dengan keinginan siswa.

Siswa menerima tugas ini dengan senang hati. Ini karena siswa mengenal benda sekaligus mengerti namanya dalam bahasa Inggris, serta mencari gambar bersumber dari majalah atau internet. Mereka mengganggap tugas ini tidak berat dan menyenangkan dengan gadget mereka mudah mengambil gambar dari internet. Maka perbendaharaan kata menjadi semakin bertambah dan lebih mencintai lagi mata pelajaran bahasa Inggris. (ag1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 5 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya