alexametrics

Math Crossword Puzzle Pembelajaran Asyik di Masa Pandemi

Oleh: Dyah Utaminingsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bagi banyak orang matematika adalah pelajaran yang sulit. Matematika tidak pernah menjadi mata pelajaran terfavorit. Apalagi di masa pandemi ini. Adanya perubahan cara belajar mengajar dari tatap muka atau luring (luar jaringan) menjadi daring (dalam jaringan) membutuhkan kesiapan dari semua unsure. Mulai dari pemerintah, sekolah, guru, siswa dan orang tua, Guru melakukan pembelajaran daring memanfaatkan teknologi berbasis internet. Sehingga akan lebih sulit bagi guru untuk membuat siswa bisa memahami pelajaran matematika.

Terkadang bagian paling sulit dalam matematika adalah tidak adanya pemahaman akan dasar-dasar sebelum berpindah ke pekerjaan yang lebih rumit. Hal ini dapat membuat siswa tersesat dan bingung, maka matematika akan terasa seperti tugas berat. Sekali siswa tertinggal, akan sangat sulit untuk mengejar ketinggalan, dan siswa seringkali merasa seperti telah gagal. Di sinilah peran guru dalam menciptakan pembelajaran menarik. Guru dapat memberikan materi kepada siswa dengan media dan metode yang menarik, menciptakan situasi belajar yang kondusif dalam kelas. Sehingga tercipta interaksi belajar aktif meskipun saat ini siswa belajar dari rumah. Dengan begitu akan terjadi proses perubahan dalam diri siswa bukan hanya pada hasil belajar tetapi juga pada perilaku dan sikap siswa.
Rose dan Nicholl (1997 : 3) mengatakan bermain adalah bagian yang penting dari pengalaman belajar. Selanjutnya, kata mereka, ketika kita menikmati pembelajaran, belajar lebih baik. Langkah pertama untuk memotivasi siswa agar belajar matematika adalah dengan membuat matematika dapat dipahami dengan cara meletakkan matematika ke dalam situasi yang dapat dijangkau dan relevan. Juga dapat dipahami dan dikaitkan oleh siswa. Namun tetap menyenangkan dan menarik. Membuat matematika menyenangkan adalah elemen terpenting dalam mengubah pandangan siswa. Dengan menunjukkan bahwa matematika bukanlah tugas berat, dan matematika bisa sangat fleksibel dan menyenangkan. Sehingga akan memicu minat dan kepercayaan diri siswa.

Baca juga:  Lingkaran Milenium, Belajar Pecahan Jadi Mudah

Salah satu cara agar pembelajaran menyenangkan adalah dengan menyisipkan permainan edukatif yang dapat merangsang siswa untuk mau belajar. Salah satu permainan edukatif yang dapat dilakukan dalam pembelajaran matematika adalah math crossword puzzle. Math crossword puzzle merupakan permainan matematika dimana siswa mengisi jawaban pada kolom kotak kosong dengan huruf atau angka sesuai runtutan pertanyaan agar mendapat jawaban yang tepat.

Dalam pelajaran matematika di SMP 2 Gemuh, math crossword puzzle digunakan dalam materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Selain membantu peserta didik termotivasi dalam belajar, permainan ini dapat membantu mengasah otak siswa, meningkatkan keaktifan kegiatan belajar di rumah. Mengisi waktu luang dan juga dapat membentuk karakter siswa dalam belajar disiplin, jujur, dan rasa ingin tahu. Sehingga menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran matematika.

Baca juga:  Belajar Menyenangkan dengan Fitur Game pada LMS Moodle

Terbukti hasil pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di SMP 2 Gemuh, meski via daring, siswa begitu antusias dalam mengisi math crossword puzzle. Ini terlihat ketika dalam mengerjakan tugas siswa begitu cepat merespon, bertanya dan menjawab.

Selain itu terjadi peningkatan hasil dalam pembelajaran matematika khususnya dalam materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.

Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, penggunaan permainan edukatif math crossword puzzle dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa. Serta dengan media permainan edukatif math crossword puzzle dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Sehingga lebih maksimal diterima oleh siswa, dan juga dapat membantu siswa memahami dalam proses belajar yang disampaikan melalui media permainan. (ibs1/lis)

Baca juga:  Korelasi Antara Pendidikan Budi Pekerti dengan Pendidikan Agama Islam

Guru SMP Negeri 2 Gemuh, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya