alexametrics

Asyiknya Belajar Sistem Tata Surya dengan Picture and Picture

Oleh : Raudotul Jannah,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara menyeluruh, sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Perolehan terjadi secara maksimal karena situasi pembelajaran yang mengasyikan. Walaupun pada praktiknya, untuk mewujudkannya tidak selalu mudah sebagaimana dialami penulis di kelas VI (enam) SD Negeri Kebandungan Bodeh masih terdapat siswa yang asyik bermain sendiri tanpa menghiraukan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadi bahan kajian untuk menerapkan metode picture and picture pada materi pembelajaran tata surya di kelas VI.

Materi pembelajaran sistem tata surya memiliki kompetensi dasar pada ranah pengetahuan menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. Indikator capaian belajarnya siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar dan siswa mampu membuat sebuah laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.

Baca juga:  Menentukan Luas Daerah Bangun Datar dengan Papan Berpetak

Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model dimana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar. Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar, diharapkan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dan dalam kondisi yang menyenangkan.

Menurut Johnson & Johnson, prinsip dasar dalam model pembelajaran kooperatif picture and picture adalah sebagai berikut Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya. Setiap anggota kelompok harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama. Setiap anggota kelompok harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya. Setiap anggota kelompok akan dikenai evaluasi.Setiap anggota kelompok berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya. Setiap anggota kelompok akan diminta mempertanggung-jawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Baca juga:  Belajar Sejarah Islam Menyenangkan dengan Game Tebak Kata

Adapun Langkah langkah model pembelajaran picture and picture pada materi sistem tata surya sebagai berikut, pertama, guru melakukan apersepsi dan menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Di langkah ini guru diharapkan untuk menyampaikan apakah yang menjadi kompetensi dasar mata pelajaran yang bersangkutan. Kedua, menyajikan materi sebagai pengantar. Misalnya sebutkan sistem tata surya yang anda rasakan setiap hari, dari sini guru memberikan momentum permulaan pembelajaran. Ketiga, guru memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi. Misalnya gambar sistem tata surya. Dalam proses penyajian materi, guru mengajar siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang ditunjukkan oleh guru atau oleh temannya. Dalam perkembanganya, guru dapat memodifikasikan gambar atau mengganti gambar dengan video yang disambungkan dengan Youtube secara online atau aplikasi android. Kemudian, guru memanggil siswa secara bergantian mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Guru menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut. Dari urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Terakhir, guru membuat kesimpulan dan refleksi pembelajaran.

Baca juga:  Implementasi Penugasan Proyek Berbasis Lingkungan di Masa Pandemi

Kelebihan model pembelajaran picture and picture yang penulis temukan antara lain materi yang diajarkan lebih terarah karena pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu, siswa lebih cepat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari, dapat meningkat daya nalar atau daya pikir siswa karena siswa disuruh guru untuk menganalisa gambar yang ada, dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dan situasi pembelajaran menjadi asyik. (pg2/ton)

Guru Kelas VI SD Negeri Kebandungan Bodeh

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya