alexametrics

Bandicam pada Penggalian Isi dan Amanat Puisi di Masa Pandemi

Oleh : Eshia Monica Tilova, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sektor pendidikan termasuk pendidikan dasar di seluruh pelosok negeri merasakan dampak hebat gelombang penyebaran Covid 19. Virus yang muncul pertama kali didaerah Wuhan Tiongkok sangat turut menyebabkan pelaksanaan proses pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar di negara Indonesia seakan terhenti dan berubah secara drastis. Perubahan yang signifikan dan instan dalam pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar menjadi tuntutan yang tidak dapat dihindarkan.

Berbagai macam perubahan harus dilakukan termasuk di dalamnya adalah pemanfaatan media pembelajaran. Guru harus berani menghadapi dan menyesuaikan diri mengikuti challenge yang serta merta berada di hadapannya. Proses pembelajaran yang selalu bersentuhan dengan siswa bahkan menjadi tonggak pelaksanaan pendidikan tidak kalah terpapar dengan adanya pandemi Covid 19 ini.

Penyampaian materi-materi pembelajaran mengalami kendala bahkan materi kelas empat sekolah dasar. Materi-materi yang disampaikan butuh penjelasan yang detil, dan lugas dan dari gurunya. Selain itu, kesulitan pada siswa pun muncul diantaranya pada media dan sarana pembelajaran, karena harus Belajar dari Rumah (BDR) dan tidak bertemu dengan gurunya. Siswa dituntut untuk memiliki dan dapat mengoperasikan gadget/telepon genggam secara cepat. Disamping gadget, siswa pun diupayakan agar selalu aktif dan siap untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan jarak jauh atau dikenal dengan daring sesuai yang telah dijadwalkan.

Baca juga:  Pembelajaran IPA dengan Eksperimen Mudah Diingat

Sebagian besar permasalahan akhirnya tertumpu pada media pembelajaran, karena media pembelajaran selaras dengan fungsinya seperti yang disampaikan oleh Briggs (1977) dalam Rudi dan Cepi (2008: 6) bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran seperti buku, film, video, slide, dan sebagainya. Latuheru (1988: 14) turut menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Berdasarkan pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima. Definisi tentang media pembelajaran dalam pemanfaatannya harus menyesuaikan dengan objek pembelajaran. Peserta didik ditingkat pendidikan dasar membutuhkan media yang ringan, mudah dan lengkap untuk dapat mengakses berbagai materi pembelajaran. Salah satu medi yang tepat adalah Bandicam. Bandicam merupakan perangkat lunak atau aplikasi perekaman yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran secara daring maupun luring.

Baca juga:  Eksperimen Ampuh Tingkatkan SMS dalam PJJ

Penulis sebagai guru di SDN Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang memanfaatkan media Bandicam pada kompetensi dasar menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki media Bandicam untuk pembelajaran adalah pertama media dapat digunakan untuk merekam atau membuat tutorial khususnya bagi guru ini sangat membantu menjalankan aktivitasnya dengan membuat materi pembelajaran. Kedua, media Bandicam ini sangat ringan saat dimulai atau dijalankan, mempermudah pengguna terutama siswa mengaksesnya. Media Bandicam ini juga mempunyai ukuran file yang relatif kecil, sehingga tidak membutuhkan banyak ruangan dalam memori gadget. Kelebihan selanjutnya, media Bandicam ini bisa melakukan perekaman suara pengguna aplikasi. Bandicam ini dapat dipergunakan untuk menangkap layar (screnshoot) sebagai kelebihan yang lain, serta dapat merekam aktivitas saat bermain game disertai suara. Penulis melakukan perekaman dengan materi yang mendapingi dalam perekaman kemudian membagikan kepada siswa untuk di-download melalui berbagai media pendukung lainnya. (ipa1/ton)

Baca juga:  Belajar PPKn melalui Radio selama Pandemi Korona

Guru SDN Tambakaji 05, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya