alexametrics

Peran Kosakata dalam Belajar Bahasa

Oleh : Tanti Kartikasari, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris agaknya sudah menjadi second language atau bahasa kedua pada zaman milenial ini. Kebutuhan berbahasa Inggris sangat dirasakan oleh sebagian kalangan seperti pelajar maupun pekerja untuk menunjang aktivitas mereka.

Tujuan belajar bahasa Inggris setiap orang berbeda-beda tergantung pada peran yang mereka jalani. Tuntutan dari pekerjaan yang mereka lakoni memaksa seseorang untuk mau belajar bahasa Inggris. Sebagian orang belajar bahasa Inggris karena keinginan mereka sendiri. Mereka tertarik pada bahasa Inggris sehingga dengan suka hati belajar bahasa tanpa adanya tuntutan.

Menurut Harmer (2007) tujuan belajar bahasa Inggris mempengaruhi apa yang mereka ingin dan butuhkan dalam belajar bahasa Inggris. Dengan begitu hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang mereka pelajari. Bagi pelajar, tujuan belajar bahasa Inggris adalah untuk memenuhi kurikulum sekolah. Namun bagi sebagian pelajar belajar bahasa Inggris adalah sebuah pilihan yang mereka sukai.
Bagi pekerja, belajar berbahasa Inggris bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja mereka dengan harapan bisa naik level pekerjaan yang lebih tinggi.

Baca juga:  Penggunaan Youtube pada Pembelajaran Praktek Prakarya

Seperti yang terjadi pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Bukateja, tujuan siswa mempelajari bahasa Inggris adalah untuk memenuhi kurikulum sekolah. Masih sedikit siswa yang memilih belajar bahasa Inggris karena keinginan dan kesadaran mereka akan pentingnya bahasa Inggris. Rendahnya minat siswa SMPN 2 Bukateja untuk belajar bahasa Inggris karena dua faktor. Yaitu rendahnya minat membaca bahasa Inggris dan kurangnya sarana untuk belajar bahasa Inggris. Perlu adanya kerja sama antara siswa dan sekolah untuk meningkatkan minat belajar bahasa Inggris.

Terdapat dua komponen dasar dalam belajar bahasa Inggris, yaitu vocabulary atau kata dan grammar atau susunan kalimat. Vocabulary sangat penting karena mempelajari kosakata adalah modal utama untuk mempelajari penyusunan kalimat dan kemampuan lain dalam bahasa. Dengan menguasai banyak kosakata akan memudahkan seseorang untuk membaca, menulis, mendengar dan berbicara bahasa Inggris.
Terbatasnya waktu dan tempat dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi menjadi salah satu tantangan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Tungka (2010) menyatakan faktor penyebab minimnya kosakata bahasa Inggris adalah minat membaca teks bahasa Inggris masih rendah. Kurangnya literatur bahasa Inggris dalam menunjang minat baca. Dan tidak ada tempat untuk menyalurkan kreativitas berbahasa Inggris di luar jam pelajaran.

Baca juga:  Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Media Gambar

Pentingnya mempelajari kosakata masih sering dilupakan selama belajar bahasa Inggris. Rasa malas dan anggapan bahwa belajar kosakata adalah hal yang sulit dilakukan membuat seseorang enggan mempelajari kosakata. Padahal hal tersebut bukanlah sebuah hambatan. Banyak cara mempelajari kosakata dengan mudah dan menyenangkan. Berikut beberapa cara untuk belajar kosakata bagi pelajar: pertama, memperbanyak membaca teks berbahasa Inggris. Rutinkan membaca teks bahasa Inggris 2-3 paragraf setiap harinya. Saat membaca siswa akan menemukan kosakata baru, mereka akan mencari arti dari kosakata tersebut. Dengan membaca siswa belajar mengingat, menambah dan mengeksplor kosakata. Mulailah dengan membaca dari teks yang mudah dipahami dan singkat. Seperti iklan, pengumuman dan artikel.

Baca juga:  PJJ Mapel IPA dengan Aplikasi Moodle dan WA Lebih Kreatif

Kedua, membuat kamus sendiri. Buatlah kamus dari kosakata baru dan kosakata kulit. Selain menulis kosakata dan artinya, tambahkan sinonim dan antonym dari kosakata tersebut. Cara ini akan memudahkan siswa untuk mengingat dan memahami kata tersebut.

Ketiga, pelajari kosakata dari topik yang menarik. Pelajari kosakata dari artikel, buku pelajaran, novel, video atau audio tentang topik tersebut. Carilah teks bacaan tentang hobi atau kesukaan siswa. Dari teks tersebut temukan minimal 20 kosakata baru. Catat kosakata baru dan carilah arti dari kosakata tersebut.

Belajar kosakata dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama seseorang mau dan giat belajar. Dengan mempraktikan apa yang sudah dipelajari akan memudahkan seseorang untuk menguasai bahasa Inggris. (pm1/lis)

Guru di SMPN 2 Bukateja, Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya