alexametrics

Menghafal 25 Nabi dan Rosul Allah dengan Shalawat Badar

Oleh : Kudung Isnaini, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENGAJARKAN agama kepada anak sejak dini merupakan kewajiban para orangtua terhadap anak-anaknya. Salah satu kewajiban yang harus diajarkan yaitu mengenal para nabi dan rosul Allah Swt., merupakan rukun iman keempat yang harus diyakini bagi setiap muslim.

Dr (C). Irjus Indrawan, dkk. menjelaskan bahwa, guru merupakan figur manusia yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pendidikan. Ketika semua orang mempersoalkan dunia pendidikan, figur guru selalu terlibat dalam agenda pembicaraan, terutama yang terkait dengan persoalan pendidikan formal di sekolah. (Dr (C). Irjus Indrawan, dkk. 2020; 75).

Sebagai guru agama, mendidik serta membina siswa dengan memberikan dan menanamkan nilai-nilai agama merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan. Seperti mengenalkan nama-nama nabi dan rosul Allah kepada siswa. Salah satu kunci sukses agar nilai-nilai tersebut bisa diserap dengan baik adalah dengan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak terlalu membebani siswa.

Baca juga:  Membangun Kreativitas tentang Energi Alternatif melalui Percobaan Kentang

Berdasarkan pengamatan penulis di SD Negeri 02 Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan, ketika masuk pelajaran PAIBP pada materi ‘Rasul Allah Idolaku’ untuk kelas V, kemampuan siswa dalam menghafalkan nama-nama nabi dan rosul Allah masih kurang. Siswa merasa kesulitan menghafal 25 nama nabi dan rosul apalagi secara urut. Melalui solawat badar, penulis mencoba mengadopsi syairnya dan mulai mengajarkan kepada siswa.

Alasan penulis memilih sholawat badar adalah sholawat badar merupakan bacaan yang sudah populer bagi kaum muslim di Indonesia. Sholawat ini berisi syair pujian untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Sholawat tersebut ditulis oleh Kiai Ali Manshur, saat beliau berada di Banyuwangi. Selain itu, upaya mengenalkan nama nabi dan rosul Allah kepada siswa merupakan suatu keharusan agar siswa dapat mencontoh, meneladani, serta melaksanakan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Sesuatu yang sudah populer tentu akan mudah diingat oleh siswa.

Baca juga:  Asyik Mengenal Tata Surya dengan Bermain Peran

Dalam mengenalkan materi tentang 25 nabi dan rosul, pertama kali yang penulis lakukan adalah guru melantunkan syair sholawat badar terlebih dahulu kemudian siswa mengikuti. Langkah selanjutnya yaitu guru bersama siswa melantunkan syair sholawat badar secara bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan membaca nama-nama nabi dan rosul sesuai urutannya yang ada dibuku paket. Ternyata 25 nama nabi dan rosul Allah yang ada dibuku paket jika dilantunkan dengan syair sholawat badar cocok dan hampir tidak ada yang perlu di rubah, hanya perlu sedikit penambahan pada bait yang terakhir. Bentuk syair 25 nama nabi dan rosul Allah yang dilantunkan dengan sholawat badar yaitu, Sholaatullah salaamullaah, ‘Alaa Thooha rosuulillaah, Sholaatullaah salaamullaah, Alaa Yaasin habiibillaah, Adam Idris Nuh Hud Salih, Ibrahim Luth Ismail Ishaq, Ya’qub Yusuf Ayub Syu’aib, Musa Harun Dzulkifli Daud, Sulaiman Ilyas Ilyasa’, Yunus Zakariyya Yahya, Isa dan Nabi Muhammad, itu rosul dan nabi kita.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Mengerjakan Penjumlahan dan Pengurangan dengan Media Potongan Lidi

Dalam KBM, penulis tidak menyuruh siswa untuk menghafal, siswa hanya membaca setiap awal dan akhir pelajaran. Tanpa disadari ketika siswa sedang sendirian atau dijalan, mereka juga membaca syair itu. Ternyata setelah itu dilakukan secara rutin, siswa cepat sekali dalam menghafal nama-nama nabi dan rosul Allah sesuai urutan. Hampir semua siswa bisa menghafal dengan baik. (gb1/zal)

Guru SDN 02 Mesoyi, Kab Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya