alexametrics

Demonstrasi Tingkatkan Semangat dan Prestasi Belajar

Oleh : Mochamad Ichvan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Melalui Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 terkait panduan pembelajaran di rumah selama masa pandemi mengharuskan guru untuk tidak membebani peserta didik melalui tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum sebagai syarat kenaikan kelas maupun kelulusan.

Pola pembelajaran di rumah pastinya memiliki tantangan tersendiri tak terkecuali guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) yang notabene aktivitasnya dominan dilakukan melalui aktivitas fisik di luar ruangan melalui pembimbingan secara langsung agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sebagaimana mestinya.

“Kurikulum Covid-19” menjadi ruang kreativitas guru dalam proses belajar mengajar di rumah melalui turunan program pembelajaran yang variasi tugas/aktivitasnya disesuaikan dengan minat dan kondisi siswa. Serta mempertimbangkan kesenjangan akses dan fasilitas belajar di rumah guna terciptanya pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar bermakna bagi peserta didik. Yang berbeda hanyalah desain pembelajaran dan strategi yang diterapkan berdasar panduan pembelajaran Covid-19.

Baca juga:  Pembelajaran Menyajikan Berita Asyik dengan Video

Strategi pembelajaran yang diterapkan menitikberatkan pada penguatan literasi jasmani peserta didik selama belajar di rumah dengan tujuan memperkuat imunitas peserta didik dalam upaya pencegahan Covid-19.

Peserta didik diberikan ruang kebebasan sebebas-bebasnya (merdeka belajar) dalam menciptakan karya, di mana mulai dari perencanaan dan penyusunannya dilakukan secara mandiri sesuai kadar kemampuan masing-masing peserta didik.

Belum lagi, ruang koordinasi yang dibangun antara guru dan siswa menggunakan aplikasi WhatshApp, tentunya sangat mudah dan hemat di balik keterbatasan bantuan kuota yang diberikan secaran gratis oleh pihak sekolah.

Proyek yang dibuat sebagai tugas menyesuaikan akses/fasilitas belajar di rumah, di mana bukti atau produk yang dikirim via aplikasi ke kontak guru atau/grup kelas diberi penilaian umpan balik bersifat kualitatif, tanpa harus berupa skor/nilai kuantitatif.

Baca juga:  Peran Guru dan Orangtua dalam Pemulihan Psikososial Anak

Sebagai guru garis depan yang ditugaskan mencerdaskan kehidupan bangsa, metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pada peserta didik, menjadi konotasi positif dalam implementasinya, baik dalam hal penggunaan aplikasi.

Bahkan, ada peserta didik yang kurang percaya diri dalam sesi demonstrasi di sekolah, malah menjadi sangat percaya diri tampil di depan kamera. Pembelajaran ini khusus untuk materi yang memerlukan peragaan media atau eksperimen. Langkahnya adalah informasi kompetensi, sajian gambaran umum materi bahan ajar, membagi tugas pembahasan materi untuk mendemonstrasikan bagiannya, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

Peserta didik diberikan tugas untuk membuat video yang berisi materi yang harus dilakukan dengan memberikan panduan pembuatannya menggunakan teks terulis, gambar atau contoh vidio peragaan. Peserta didik merasa kelas 9 A SMPN 9 Salatiga tahun 2020 senang dengan pembelajaran model demotrasi ini. Dengan model pembelajaran demonstrasi ini memjadi semangat belajar peserta didik meningkat sehingga meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Baca juga:  Mengenal Benda di Lingkungan Sekitar dengan Flash Card

Di masa pandemi ini tantangan pembelajaran semakin kompleks, kreativitas guru menjadi bekal utama dalam mengelola sistem pembelajaran berbasis daring dengan harapan dukungan fasilitas belajar dan akses yang laju.

Hal ini pun menjadi bekal bersama dalam persiapan menuju pendidikan abad 21 dengan menjadikan digitalisasi pembelajaran menjadi hal yang penting.

Oleh karena itu, literasi digital terus didorong, apalagi kecakapan abad 21 peserta didik menjadi landasan utama yang perlu ditanamkan sejak dini sebagai bekal masa depan mereka guna terciptanya generasi emas Indonesia. Salam merdeka belajar untuk kita semua dan salam maju bersama mencerdaskan Indonesia. (bs1/lis)

Guru SMPN 9 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya