alexametrics

Evaluasi Pembelajaran Daring dengan Google Form

Oleh: Indah Sugianti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pendemi Covid-19, Indonesia melakukan upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan inovasi baru baik dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dan keamanan. Di antara upaya tersebut salah satunya adalah dengan pemerintah mewajibkan untuk WFH (work from home), SFH (study from home). Menteri pendidikan Nadiem Makarim melakukan sebuah upaya bagi seluruh lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (daring). Pembelajaran jarak jauh (daring) di SD Negeri 01 Tegalsuruh pada masa pandemi Covid-19, seluruh tenaga pendidik diwajibkan untuk menggunakan pembelajaran berbasis teknologi.

Dalam proses pembelajaran ketika materi yang sudah dijelaskan oleh guru, maka di setiap akhir materi atau semester akan diberlakukanya evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran masing-masing. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan harus diperhatikan agar dapat berjalan dengan efektif. Terjadinya evaluasi pembelajaran yang efektif apabila dilakukan tidak hanya dengan satu jenis evaluasi saja. Misalnya, hanya mengandalkan tes lisan, sedangkan guru tidak hanya mengambil satu jenis evaluasi saja melainkan beberapa jenis.

Baca juga:  Penerapan Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik

Menurut Arifin (2012:29-30) untuk memperoleh hasil evaluasi yang lebih baik, perlu memperhatikan prinsip-prinsip evaluasi yakni Kontinuitas, Komprehensif, Objektivitas, Kooperatif, dan Praktis. Dari prinsip-prinsip tersebut, maka penulis menggunakan Google Form untuk evaluasi pembalajaran daring yang sesuai dengan keadaan siswa dan guru merasa cukup terbantu, baik dari sisi keuangan maupun tenaga. Semua akan berjalan dengan baik apabila sarana dan prasarana sekolah yang memadai, yakni jaringan internet, akun G-mail, dan elektronik (handphone, tablet, ataupun laptop) serta wali kelas maupun wali murid dapat dengan mudah melakukan evaluasi pembelajaran daring. Karena tidak harus menghadirkan siswa ke sekolah dan evaluasi pembelajaran seiring diberlakukannya pembelajaran jarak jauh.

Google Form adalah salah satu aplikasi berupa template formulir atau lembar kerja yang dapat dimanfaatkan secara mandiri ataupun bersama-sama untuk tujuan mendapatkan informasi pengguna (Tria.M dan Arif.W.P, 2017:185). Aplikasi ini berada dalam penyimpanan Google Drive bersama aplikasi lainnya. Template Google Form mudah dipahami dan digunakan serta tersedia dalam banyak pilihan bahasa. Cara mempublikasikan soal online menggunakan Google Form adalah dengan mengklik tombol “kirim”. Yang terdiri atas tiga macam, yaitu: 1) email, 2) alamat web, 3) menampilkannya pada halaman website/blog. Langkah mengirim ke email dengan cara mengisi alamat email, judul, dan pesan email pada kolom yang tersedia. Cara membagi link adalah dengan cara meng-copy link yang tersedia dengan meng-klik paste pada media yang diketahui dan dikunjungi oleh responden. Kemudian memberikan informasi kepada responden, petunjuk cara memberikan tanggapan pada kuisioner online atau soal online yang menggunakan Google Form yaitu: 1) masuk terlebih dahulu ke akun Google.com, 2) kunjungi halaman, 3) isi semua pertanyaan dan, 4) mengirimkan tanggapan, klik tombol”kirim.”

Baca juga:  Lebih Bersemangat dalam Belajar Iman kepada Rasul dengan Quizizz

Siswa sebagai faktor penting dalam penggunaan Google Form sebagai media penilaian dalam proses pembelajaran bagi guru. Aplikasi Google Form menjadi salah satu software yang direkomendasikan sebagai alat penilaian online. Tampilannya sederhana, mudah digunakan dan dimengerti, serta menampung data dalam jumlah, tersimpan dalam. Dengan menerapkan penggunaan Google form dalam evaluasi pembelajaran, yang bertujuan untuk tetap melakukan pembelajaran dengan tidak menghadirkan siswa ke sekolah, dan tidak terjadi berkumpulnya siswa karena dikhawatirkan akan mengakibatkan bertambahnya korban pandemi Covid-19. Tujuan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh adalah untuk memutus mata rantai Covid-19. Hal ini sangat menarik untuk lebih jauh penggunaan Google Form yang digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.(ti2/aro)

Baca juga:  Online Geschichte Lesen : Belajar Bahasa Jerman yang Asyik

Guru SD Negeri 01 Tegalsuruh, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya