alexametrics

Belajar Sistem Ekskresi Lebih Menarik dengan Liveworksheet

Oleh : Prie Muzhevi Eka Siwi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Awal tahun 2020 Indonesia mulai diguncang oleh wabah virus korona yang menyebar dengan sangat cepat ke seluruh penjuru Indonesia. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk menanganinya. Kebijakan yang dibuat pemerintah salah satunya di bidang pendidikan. Pemerintah bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh agar dapat memutus penyebaran virus korona.

Di lansir dari laman wikipedia pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Secara sederhana, pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan yang diajarkan dari jarak jauh, tanpa ruang kelas secara fisik. Peserta didik belajar dari rumah dengan bimbingan dari guru dan orangtua.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ternyata tidak berjalan dengan mulus. Banyak kendala yang terjadi di lapangan. Salah satunya adalah peserta didik cenderung bosan ketika guru mengajar hanya dengan metode monoton. Kondisi ini menuntut guru harus mencari ide-ide metode pembelajaran daring yang kreatif dan tidak membosankan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam menunjang PJJ adalah liveworksheets.

Baca juga:  Pemanfaatan Media Gambar dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA

Liveworksheet adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat materi dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif secara online. Depdiknas (Darusman, 2008:17) menyatakan LKPD adalah lembaran yang berisikan pedoman bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan yang terprogram. LKPD berfungsi menjembatani kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, hal ini dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.

Liveworksheets dapat menampilkan materi berupa video, mp3, gambar, serta simbol-simbol menarik lainnya yang dapat menambah daya tarik. Guru dapat membuat LKPD secara aktif pada liveworksheets. Peserta didik dapat mengerjakan berbagai bentuk pertanyaan seperti pilihan ganda, pilihan dengan bentuk drop down, pertanyaan terbuka, kotak centang, menjodohkan dengan menarik garis, pertanyaan bentuk drag and drop dan bentuk lain sesuai dengan kreatifitas pembuat.

Baca juga:  Mengatasi Masalah Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Google Classroom

LKPD yang ditampilkan melalui liveworksheets sangat mudah dibuat. Kunci jawaban bisa langsung dimasukkan pada aplikasi, sehingga ketika peserta didik selesai mengerjakan nilai dapat langsung muncul. Beragam bentuk pertayaan pada aplikasi ini dapat membuat pembelajaran IPA menjadi lebih menarik. Dengan kelebihan aplikasi tersebut, guru IPA di SMP Negeri 1 Mranggen menggunakan aplikasi liveworksheets untuk menunjang PJJ agar pembelajaran lebih menarik.

Salah satu penggunaan liveworksheets untuk pembelajaran IPA yaitu pada materi sistem ekskresi kelas 8 yang terkenal sebagai materi yang sulit dan membosankan. Peserta didik dalam pelaksanaannya diberikan link LKPD melalui whatsApp atau melalui google classroom kemudian peserta didik mengerjakan dengan membuka link kemudian mengikuti petunjuk pengerjaan.

Baca juga:  Berkenalan dengan Punakawan secara Daring melalui Tepuk

Misalnya peserta didik harus melengkapi keterangan gambar dengan menggeser jawaban sesuai ke dalam kotak yang sesuai. Pembelajaran dengan menggunakan liveworksheets terbukti dapat menarik peserta didik mengikuti pembelajaran. Terbukti melalui pengisian form, 75 persen peserta didik menyatakan tertarik mengikuti pembelajaran IPA materi sistem ekskresi dengan liveworksheets dan 80 persen nilai peserta didik pada materi sistem ekskresi di atas KKM.

Aplikasi liveworksheets sangat cocok digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik. Liveworksheets menjadi solusi yang mudah dan kreatif untuk mengatasi kejenuhan peserta didik di masa PJJ sehingga peserta didik lebih tertarik dan lebih memahami pembelajaran IPA khususnya pada sistem ekskresi. (kb4/lis)

Guru IPA SMP Negeri 1 Mranggen, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya