alexametrics

Tumbuhkan Motivasi Belajar Jaring-Jaring Bangun dengan Game Edukasi

Oleh : Siti Khasanah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari tingkat sekolah dasar, untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Ini diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah. Dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika, hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah dengan mengajukan masalah umum, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika.

Untuk meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran alangkah baiknya jika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, seperti komputer, alat peraga dan media yang lainnya.

Motivasi belajar menunjukkan pengaruh positif terhadap hasil belajar anak kelas IV SD 02 Mesoyi. Kegiatan belajar siswa sangat membutuhkan adanya motivasi belajar dalam mencapai prestasi yang baik. Dengan adanya motivasi, siswa akan mempunyai semangat belajar yang tinggi serta mampu menciptakan suasana yang kondusif dan interaktif dalam proses belajar mengajar. Pada KD menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana, siswa kelihatan tidak bersemangat dalam mengikuti materi. Guru selalu menggunakan metode biasa dengan menggambar di papan tulis terlebih dahulu, disusul dengan ceramah. Hal ini membuat siswa menjadi cepat bosan dalam memperhatikan materi yang diberikan oleh guru.

Baca juga:  Mudah Pahami Kisah Nabi Ilyasa AS dengan Metode Role Playing

Maka untuk menangani hal tersebut dibuatlah metode pembelajaran menggunakan media game edukasi. Kemajuan teknologi yang semakin pesat memberikan dampak kuat pada bidang pendidikan. Salah satunya yaitu pengembangan game edukasi berbasis android maupun desktop sebagai media pembelajaran guru kepada murid-muridnya. Anak di zaman ini yang kategorinya adalah seorang siswa sekolah dasar telah akrab dengan game, kebanyakan mereka memainkannya melalui komputer. Siswa yang tidak mempunyai android bisa bergabung dengan temannya.

Game edukasi membuat dan mempelajari jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem ini disajikan dalam 4 menu yaitu menu main, materi, kuis, tentang. Tahapan-tahapannya adalah : untuk menu main terdapat 8 level dari level paling sederhana sampai level yang pling rumit. Konsep pembuatan game menggunakan metode pembelajaran mix and match atau metode pembelajaran mencocokkan gambar jaring-jaring bangun menjadi susunan yang benar, khusus game ini player diminta untuk menyusun beberapa gambar sebuah jaring-jaring bangun yang benar. Proses penyusunan dilakukan dengan cara drag and drop gambar, nanti akan ada frame kotak kosong beserta nomer urut untuk menyusun gambarnya kemudian akan disediakan beberapa gambar bangun ruang yang sudah diacak, kemudian player diminta menyusun gambar yang sudah tersedia menjadi urutan yang benar. Terdapat 3 kali kesempatan salah dalam menyusun gambarnya jika player salah sampai lebih 3 kali percobaan maka akan muncul pop up game over dan sistem akan menanyakan kepada player ingin bermain lagi atau tidak. Jika player dapat menyusun gambar dengan benar maka akan ditampilkan juga penjelasan alur jaring-jaring bangun yang sudah disusun. Untuk menu kuis terdapat 10 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan, 1 soal diberi waktu 30 detik untuk menggerjakannya. Jika sudah selesai akan muncul pop up nilai kuis yang sudah dikerjakan.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat dengan SQ3R

Dengan penerapan metode game edukasi memberikan dampak yang positif pada peserta didik. Sehingga pembelajaran di kelas menyenangkan, siswa lebih aktif, dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. (pg2/lis)

Guru Kelas IV SDN 02 Mesoyi, Kec. Talun, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya