alexametrics

Peran Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Pandemi Covid-19

Oleh : Muhammad Irham, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Saat ini teknologi informasi dalam dunia pendidikan sudah merambah ke dalam berbagai mata pelajaran termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Sangat banyak peran teknologi informasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris apalagi di era pandemi Covid-19 yang mengalihkan pembelajaran dari sekolah menjadi daring.

Berkaitan dengan teknologi aplikasi yang sangat efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris, penulis yang mengajar di SMP Negeri 1 Pemalang dalam melaksanakan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merangkum dari beberapa sumber, yakni: Pertama, Quipper School. Quipper school adalah platform yang didesain untuk pembelajaran di kelas. Platform ini bisa digunakan untuk guru dan siswa SMP dan SMA. Kedua, Edmodo. Edmodo adalah platform education network berbasis Learning Management System (LMS) yang akan menghubungkan antara guru dan siswa bahkan sampai orang tua untuk melakukan pembelajaran secara online yang bisa diakses secara gratis. Tidak hanya berkomunikasi, melalui platform ini guru bisa melakukan pembelajaran dengan membagikan konten baik berupa teks atau video latihan soal, sampai dengan PR (Pekerjaan Rumah). Ketiga, Socrative. Socrative hampir sama dengan Edmodo dan Quipper school. Tampilan yang cerah membuat para siswa akan menyukai Socrative. Para guru juga sudah bisa mengunduh di google play dan i-store aplikasinya. Keempat, Padlet. Padlet bisa menjadi tempat para siswa untuk mengembangkan writing skill mereka dan hasil kegiatan mereka bisa disimpan dan akan menjadi bagian penilaian keterampilan untuk siswa. Biasanya ada saja siswa yang malu untuk bertanya di kelas. Padlet kemudian menjadi sarana yang bagus untuk siswa-siswa yang malu bertanya langsung. Mereka tinggal mengetik di Padlet, dan guru bisa membaca pertanyaan mereka dan menjawabnya langsung. Kelima, Acapela Group. Aplikasi ini sangat memudahkan para guru Bahasa Inggris atau Bahasa Asing lainnya untuk pengembangan listening skill para siswa. Guru mengetik kalimat, Acapella secara sintetis akan mengolah kalimat-kalimat tersebut menjadi suara yang kita inginkan. Keenam, Booktrack. Aplikasi ini sangat menyenangkan. Siswa bisa meningkatkan reading skill mereka sambil mendengarkan musik. Tugaskan siswa untuk membaca buku di booktrack, mereka akan membaca sambil mendengarkan musik yang sesuai dengan alur cerita buku. Kita juga bisa menugaskan siswa untuk membuat cerita dalam booktrack dan mendesain sendiri musik yang mereka suka. Jadi selain untuk reading skill, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk writing skill. Ketujuh, Whatsapp. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone. Grup di Whatsapp juga telah banyak menghubungkan komunitas. Banyak grup yang memanfaatkan whatsapp sebagai teknologi yang membantu membuat program-program harian, mingguan, atau pun bulanan.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text Berbantuan Guiding Template

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran perlu diusahakan oleh guru sesuai dengan kemampuan masing-masing sekolah dan guru yang bersangkutan sehubungan dengan anjuran pembelajaran daring oleh pemerintah agar tujuan pendidikan dapat tercapai. (*/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya