alexametrics

Reward dapat Meningkatkan Semangat Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang

Oleh : Fiqih Athaini, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Siswa sekolah dasar ditempa berbagai bidang studi yang kesemuanya harus mampu dikuasai. Tidaklah salah bila di sekolah dasar disebut sebagai pusat pendidikan. bukan hanya di kelas saja proses pembelajaran itu terjadi akan tetapi di luar kelas pun juga termasuk ke dalam kegiatan pembelajaran.

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi (PT). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peranan matematika dalam dunia pendidikan sekarang ini. Pentingnya peranan matematika juga terlihat pada pengaruhnya terhadap mata pelajaran lain. Contohnya mata pelajaran geografi, fisika, dan kimia. Dalam mata pelajaran geografi, konsep-konsep matematika digunakan untuk skala atau perbandingan untuk membuat peta. Sedangkan dalam fisika dan kimia konsep-konsep matematika digunakan untuk mempermudah penamaan rumus-rumus yang dipelajari. Matematika merupakan mata pelajaran yang mempunyai peran yang cukup besar dalam kehidupan manusia terkhusus dalam dunia pendidikan sehingga matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi untuk membantu peserta didik agar memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dengan kritis, cermat, efektif, dan efesien.

Baca juga:  Pembelajaran IPA Menyenangkan dengan Miniatur Tata Surya

Berbagai cara telah dilakukan oleh guru untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Dikarenakan banyak siswa yang menganggap pemebelajaran matematika adalah sesuatu yang tidak mudah dan membosankan. Terlebih ketika anak harus mampu menghafal beberapa rumus-rumus dalam pembelajaran matematika. Seperti yang terjadi di kelas V (lima) SD Negeri 02 Kalirejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan siswa kurang bersemangat dalam menghafal rumus-rumus yang ada dalam materi Bangun Ruang seperti volume, luas, bentuk jarring-jaring, jumlah rusuk, sudut maupun titik sudutnya. Siswa sering merasa jenuh karena harus menghafal dari berbagai jenis dan bentuk bangun ruang yang berbeda-beda. Disisnilah tanatangan seorang guru agar mampu mengatasi masalah tersebut.

Untuk meningkatkan semangat belajar matematika dan mengurangi kejenuhan dalam menghafal rumus pada Materi Bangun Ruang, di kelas V (lima) guru SD Negeri 02 Kalirejo memberikan Riward berupa alat tulis seperti buku, ballpoint, pensil, penggaris dan karet penghapus. Ketika anak mampu menghafal rumus-rumus bangun ruang sesuai dengan waktu yang diberikan oleh guru, maka anak akan mendapat satu paket reward dan tentunya akan mendapat nilai tambahan dibandingkan siswa yang lain. Cara ini dinilai mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Dibuktikan dengan beberapa siswa yang lebih awal mampu menghafal rumus-rumus bangun ruang dari waktu yang ditentukan oleh guru. Dan siswa mampu mengerjakan tugas yang berkaitan dengan bangun ruang dengan baik.

Baca juga:  Ingin Lancar Menulis Cerpen? Kuasai ATM

Dengan harapan pembelajaran dapat diterima dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Ini adalah salah satu upaya guru untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pelajaran matematika khusunnya bangun ruang. (gb1/ton)

Guru Kelas SD Negeri 02 Kalirejo, KecamatanTalun, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya