alexametrics

Powtoon Tingkatkan Pembelajaran Teks Eksplanasi

Oleh : Sri Retno Puji Rahayu, S. Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan dan media pembelajaran memiliki kaitan yang sangat erat. Proses pembelajaran tidak akan berjalan lancar tanpa adanya media pembelajaran yang tepat. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pemberi kepada penerima pesan. Pemanfaatan media yang baik serta memadai diharapkan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menggairahkan. Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak, memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan, memberi perangsang yang sama, mempersamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama.

Penggunaan buku paket belum begitu optimal karena siswa akan membaca buku jika hanya disuruh gurunya dan siswa cenderung lebih tertarik dengan video. Media video dapat mempengaruhi emosi yang kuat dan juga dapat mencapai hasil yang cepat. Adanya kemajuan teknologi bisa memudahkan untuk meningkatkan pembelajaran apalagi di masa PJJ. Seperti yang kita ketahui di masa PJJ banyak siswa yang merasa bosan karena terlalu banyak tulisan saja, maka guru perlu berinovasi dengan menggunakan media yang interaktif. Media interaktif yang praktis dan menarik yang bisa dipilih adalah Powtoon.

Baca juga:  Serunya Belajar Tulang Daun dengan Model Inquiri

Powtoon adalah sebuah aplikasi dalam jaringan (online) yang dapat membantu penggunanya membuat sebuah paparan lewat fitur animasi. Animasi-animasi tersebut ada yang berupa tulisan tangan, kartun, dan efek transisi (Roedavan, 2016). Dengan aplikasi Powtoon guru dapat menampilkan konsep dari keseimbangan dengan tampilan yang lebih menarik dengan fitur-fitur yang ditawarkan sehingga pembelajaran konsep yang cenderung membosankan dan membingungkan menjadi mudah. Guru pun hanya perlu memberikan tambahan penjelasan. Adapun kelebihan Powtoon antara lain interaktif, adanya fitur animasi yang beragam serta efek transisi yang lebih menggugah, mencakup segala aspek indera, penggunaan praktis, kolaboratif, lebih variatif, dapat memberi feedback, memotivasi, pilihan warna banyak, dan adanya gerakan serta mimik tokoh kartun yang sudah disediakan selain itu diiringi dengan musik. Selain itu pengaturan time line pada aplikasi dapat dianggap lebih mudah disbanding aplikasi lain dan gambar visual dapat difasilitasi seperti pada pelajaran teks eksplanasi.

Baca juga:  Pembelajaran Naratif Berbantukan Puzzle

Untuk menggunakan media powton dalam pembelajaran teks eksplanasi guru melakukan beberapa langkah yaitu masuk ke web www.powtoon.com. Bagi yang sudah punyaakun bisa sign in sedangkan yang belum punya bisa sign up. Setelah masuk pilih templetes yang cocok dengan video animasi teks eksplanasi yang akan dbuat. Di sisi kanan dari gambar trsedia character, text effect, animation, props dan background. Time line diatur sesuai keinginan kita klik objek lalu arahkan kursor kemudian preview video dan edit. Simpan video, share ke youtobe dan siswa.

Ketidakmampuan siswa dalam memahami dan menulis teks eksplanasi karena siswa kurang menguasai kosakata, struktur bahasa, ejaan, dan tanda baca. Maka powtoon lebih tepat dugunakan sebagai media pembelajarannya. Selama pembelajaran teks eksplanasi dengan media powtoon siswa belajar lebih antusias, prosentase daya tangkap terhadap indikator pembelajaran meningkat, adanya perubahan perilaku serta meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Siswa yang biasanya kurang perhatian dan bosan dengan media guru selama daring Nampak bersemangat mengikuti dan mereka mendapat pengalaman baru. Dengan memakai aplikasi ini. siswa semakin paham dengan materi yang diberikan dengan ditunjukkan oleh hasil pekerjaannya. (gb1/ton)

Baca juga:  Project Based Learning dalam Pembelajaran Prakarya Berbasis Google Classroom

Guru SMP N I Sragi Kab Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya