alexametrics

Penggunaan Komik Mampu Tingkatkan Hasil Belajar Hukum Newton

Oleh: Diyah posorini . S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN fisika membantu peserta didik untuk mengembangkan diri menjadi individu yang memiliki sikap ilmiah, mampu memproses fenomena dan pengetahuan yang diperoleh dilingkungan sekitar. Sedangkan menurut Mundilarto (2010:4), fisika sebagai ilmu dasar memiliki karakteristik yang mencakup bangun ilmu yang terdiri atas fakta, konsep, prinsip, hukum, postulat, dan teori serta metodologi keilmuan. Hukum Newton adalah salah satu materi fisika yang penting dipelajari. Pembelajaran fisika pada KD 3.3 membahas tentang Analisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum Newton. Materi ini mencakup tentang penjelasan hukum Newton tentang gerak dan gaya dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan ide-ide fisika untuk menyelesaikan persamaan gerak dan gaya dalam Hukum Newton, evaluasi penyelesaian berdasarkan konsep Hukum Newton tentang gerak dan gaya, penyelesaian masalah yang berkaitan dengan gerak dan gaya dengan menggunakan hukum Newton dan mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan gerak dan gaya menggunakan hukum Newton.

Baca juga:  Pengimajinasian Benda Mempermudah Temukan Ide Cerita Fantasi

Aktifitas pembelajaran fisika yang berlangsung dikelas X SMKN 3 Tegal pada materi Analisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum Newton cenderung sulit untuk bisa mencapai ketuntasan, karena siswa tidak fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Banyak siswa yang kurang antusias dalam belajar fisika pada materi tersebut. Mereka menganggap materi itu sulit yang menyebabkan siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran dikelas. Sehingga dibutuhkan penggunaan media pembelajaran yang bisa menumbuhkan minat belajar siswa.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, komik adalah cerita bergambar (majalah, surat kabar, atau berbentuk buku) yang umumnya mudah dipahami dan lucu. Komik merupakan suatu bentuk bacaan dimana siswa membaca tanpa harus dibujuk. Melalui bimbingan guru, komik dapat berfungsi sebagai media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Sebagai media edukatif, komik mempunyai sifat yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami. Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa komik merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam memahami suatu materi. Adapun langkah langkah pembuatan media Pembelajaran komik adalah sebagai berikut : Pertama, Perumusan ide dan pembuatan rangkaian cerita. Rangkaian cerita yang dibuat haruslah dirumuskan berdasarkan konten materi Analisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum Newton agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Kedua, Sketching (pembuatan sketsa) yaitu menuangkan ide cerita dalam media gambar secara kasar. Ketiga, Inking (penitaan) yaitu penitaan pada goresan sketsa dan dilanjutkan dengan pemberian warna pada gambar agar lebih menarik. Keempat, Lattering yaitu pembuatan teks pada komik.pengaturan isi teks menjadi kunci utama dalam penyampaian materi. Gunakan Bahasa yang menarik dan mudah dipahami bagi siswa, sehingga mereka dapat dengan mudah menyerap materi terkait Analisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum Newton yang ingin kita sampaikan. Setelah proses pembuatan selesai media komik bisa digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami.

Baca juga:  Presentasikan Warna Kejujuran, Boks Konstitusi, dan Briket Eceng Gondok.

Berdasarkan hasil rata rata nilai Penilaian Harian KD. 3.3 tentang Analisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum Newton pada kelas X SMK Negeri 3 Tegal, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan media komik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang hanya diajarkan dengan media buku paket. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata kelas yang memakai media komik bisa mencapai 82.65 dengan presentase ketuntasan sebesar 86,54% dibandingkan dengan kelas yang hanya menggunakan media buku paket. Pada kelas ini rata rata kelas hanya mencapai 56,80 dengan ketuntasan sebesar 48,50 %. Dengan demikian dapat disimpulkan Media komik mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fisika pada materi Analisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum-hukum Newton. (gb1/zal)

Baca juga:  Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Fisika

Guru Fisika SMKN 3 Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya