alexametrics

Menyampaikan Pidato Hasil Karya Pribadi lewat Video

Oleh: Sri Hastuti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mapel bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Mulyati (2007) menyebutkan empat keterampilan berbahasa yakni kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Siswa harus memiliki kemampuan berbicara yang baik agar mampu menyampaikan informasi secara tepat. Kemampuan berbicara bukanlah suatu jenis kemampuan yang dapat diwariskan secara turun-temurun.
Namun secara formal memerlukan latihan dan pengarahan yang intensif. Untuk mendapatkan hasil yang baik, kemampuan berbicara hendaknya dilatih sedini mungkin. Untuk dapat lebih mengoptimalkan kemampuan berbicara salah satunya dengan belajar berpidato.

KD 4.3: ”Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri” pada mupel bahasa Indonesia kelas VI semester 2.
Saat pandemi KD ini tidak bisa dilaksanakan dalam pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas juga secara guling (guru keliling) seperti biasanya karena siswa belajar dari rumah. Dengan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh ini penulis berusaha supaya pembelajaran tetap berjalan meskipun belajar dari rumah.

Baca juga:  Penilaian Teman Sejawat Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Berpidato

Penulis memilih menggunaan aplikasi WhatsApp (WA) untuk pembelajaran jarak jauh karena sudah banyak yang bisa menggunakannnya. Dalam pembelajaran pidato di kelas VI kali ini teori-teori tentang pidato penulis sampaikan lewat WhatsApp. Teori-teori tentang pidato di antaranya pengertian pidato, kerangka pidato, ciri-ciri teks pidato, persiapan sebelum berpidato.

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di hadapan umum untuk menyampaikan suatu pendapat, dan umumnya memiliki tema khusus. Selain itu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pidato diartikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Sebuah pidato biasanya disampaikan oleh seseorang yang mampu berbicara di depan umum dapat memberikan pernyataan tentang suatu hal untuk diperbincangkan. Melakukan pidato bukanlah suatu hal yang mudah. Sebelumnya kita harus berlatih untuk berpidato, namun bila sudah terbiasa, pidato akan lebih mudah dilakukan.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif dalam Naskah Pidato melalui “Si Koko”

Sebelum membuat pidato kita harus mengetahui kerangka pidato,berikut ini kerangka sebuah pidato : pertama pembukaan (berisi ucapan salam, kalimat sapaan, ucapan syukur terhadap Allah, ucapan penghormatan, dll). Kedua pendahuluan (memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas). Ketiga inti (berisi pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan). Keempat penutup (penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan, harapannya untuk lebih baik sesuai isi pidato, ucapan terima kasih, kata maaf, dan salam penutup).

Ciri-ciri pidato adalah punya tujuan yang jelas dan positif, isi materi mudah dimengerti, berisi wawasan yang menarik, ada kesimpulan di akhir pidato. Memberi suatu informasi penting untuk orang lain, orang lain tertarik akan isi pidato yang disampaikan.

Baca juga:  Meningkatkan Percaya Diri Siswa dalam Berpidato dengan ATM

Persiapan sebelum berpidato antara lain mengetahui tema acara yang sedang berlangsung, mengetahui berapa lama waktu pidato, menyusun kata-kata untuk mudah dipahami para pendengar.
Setelah mendapat teori-teori berpidato siswa diberi tugas untuk membuat pidato dengan memilih salah satu tema (pentingnya persatuan, perpisahan kelas VI ). Hasilnya dihafalkan lalu menampilkannya dengan cara direkam sekitar 3 – 5 menit yang kemudian hasil rekaman (video) dikirimkan lewat WhatsApp grup kelas VI. Sehingga siswa yang lain bisa mengetahuinya.
Dari hasil rekaman yang dikirim ternyata banyak siswa yang bersemangat, percaya diri tidak malu-malu untuk tampil. Padahal sewaktu pembelajaran tatap muka banyak anak yang tidak mau kalau disuruh untuk maju atau tampil. Alasannya malu, takut, minder. (pm1/lis)

Guru Kelas VI SDN Kedondong 1 Kec. Gajah, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya