alexametrics

Metode PCL Solusi Terbaik Pecahkan Masalah pada Pecahan

Oleh : Sri Rejeki S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEHIDUPAN manusia tidak luput dari penerapan ilmu matematika baik dalam perumusan masalah hingga penyelesaian masalah. Matematika menjadi salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih sukses dalam hidupnya. Dalam keahlian bermatematika, kita diminta menyelesaikan masalah dengan benar sekaligus diberi kebebasan menjawabnya dengan benar dan dengan menggunakan cara yang benar. Jika caranya salah atau salah dalam menuliskan satu angka saja, maka hasil akhirnya juga akan salah.

Pembelajaran matematika cenderung dihadapkan pada situasi pertentangan antara kondisi abstrak dengan kondisi konkret. Situasi ini dapat membuat siswa menjadi bingung bagaimana mengaplikasikan kemampuan dalam matematika ke kehidupan sehari-hari yang ditemui siswa. Banyak kendala yang dialami oleh siswa, seperti yang terjadi di kelas V SDN 02 Sambiroto Kajen. Salah satunya adalah pengoperasian pecahan. Awal permasalahannya adalah penanaman konsep yang tidak tepat sehingga ketika siswa dihadapkan pada soal-soal yang menyangkut penjumlahan pecahan mereka mengalami kebingungan. Akibatnya sebagian besar dari mereka tidak menyukai pelajaran matematika. Terlebih biasanya guru cenderung menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah, latihan, dan penugasan.

Baca juga:  Drill Perkalian Mudahkan Siswa Menyederhanakan Bentuk Akar

Keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran tergantung pada prosesnya. Di dalam proses tersebut, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh guru seperti pengelolaan kelas, penggunaan strategi, pendekatan, model, metode, media, sumber belajar, menyiapkan perangkat pembelajaran dan hal lain yang dapat menjadikan sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penulis akhirnya menerapkan salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa agar melakukan aktivitas belajar yang berpotensi. Harapannya, hal itu membuat peserta didik bersemangat memberikan partisipasinya dalam belajar dengan menerapkan model pembelajaran.

Model pembelajaran ialah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Artinya model pembelajaran merupakan gambaran umum, namun tetap mengerucut pada tujuan khusus. Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan sistem belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran (Saefuddin Dan Berdiati, 2014, hlm. 48).

Baca juga:  Dengan Picture and Picture, Belajar PKn Jadi Kreatif di Masa Pandemi

Model pembelajaran yang dipilih adalah Problem Centered Learning (PCL). Langkah-langkahnya antara lain, pertama, guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua, semua siswa mendapat tugas yang harus dikerjakan secara individu agar siswa dapat memecahkan masalah sendiri. Ketiga, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk dapat bekerja dengan siswa lain. Keempat, seluruh siswa terlibat dalam kegiatan diskusi kelas dan bekerjasama dalam kelompoknya menyelesaikan tugas yang diberikan. Kelima, guru meminta salah seorang siswa mewakili kelompoknya untuk menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam penyelesaian masalah kepada kelompok lain. Keenam, guru memfasilitasi kegiatan diskusi dan memotivasi siswa yang kurang aktif untuk aktif dalam pembelajaran. Ketujuh, guru bersama siswa mengevaluasi jalannya kegiatan diskusi dan membuat kesimpulan.

Baca juga:  Meningkatkan Kompetensi Membaca Alquran melalui Tutor Teman Sebaya

Dengan dilaksanakan model PCL ini di kelas 5, maka siswa dapat berkesempatan lebih luas untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran. Ini mendorong semangat belajar serta ketertarikan mengikuti pembelajaran secara penuh. (ce3/ida)

Guru SDN 02 Sambiroto, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya