alexametrics

Asyiknya Membuat Teks Pidato Persuasif melalui YouTube

Oleh : Dra. Sustanti

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pidato persuasif merupakan bagian dari eksposisi. Bahwasanya eksposisi digunakan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang. Dengan mengambil satu sudut pandang dan membuktikan kebenarannya, bertujuan meyakinkan orang lain untuk melihat suatu persoalan hanya dari sisi tersebut. Nah, pembuatan teks pidato persuasif dapat diperoleh dari berbagai sumber dalam hal ini melalui YouTube.

Teks pidato persuasif terdapat dalam KD. 3.3. mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca. Pada KD 4.3 menyimpulkan gagasan, pandangan arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca.

Kegiatan pembelajaran dengan tema membuat teks pidato persuasif ini, guru memberikan kesempatan kepada siswa mengerjakan tugas dan belajar di rumah selama pandemi Covid-19, yang sebelumnya materi penjelasan telah disampaikan lewat video dari wa grup kelas masing-masing.

Siswa kelas IX pada semester II di SMP Negeri 5 Pemalang pada kesempatan ini menulis teks pidato persuasif, sebagai referensinya dari video di YouTube, namun tetap menjaga orsinilitas teks yang dibuatnya. Judul tidak ditentukan, akan tetapi siswa dapat memilih yang mereka sukai. Pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda ke taraf yang insani (Driyarkara).

Baca juga:  Lengkung Tanda Panah: Langkah Cepat Menulis Aksara Jawa

Mereka menerima tugas tersebut dengan senang hati terlebih siswa sekarang ini dekat dengan smart phone masing-masing. Guru pun membuka kesempatan bertanya yang kurang dimengerti siswa. Sebenarnya eksposisi mempunyai berbagai tipe. Seperti dapat mengubah sikap orang atau mengubah pandangan orang tentang suatu hal, tulisan persuasif dapat ditemukan pada editorial surat kabar, media cetak, pidato, ceramah dan sebagainya. Dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan dan menjual barang, jasa dan aktivitas.

Langkah-langkah persiapan menulis teks pidato persuasif mengetahui topik yang disampaikan dalam pidato. Hal penting jika tidak paham tentang topik, lakukan kajian dan belajar hal-hal yang berkaitan dengan topiknya. Apabila topik bersifat kontroversial, sebaikya mengetahui argumen dari semua sisi terhadap persoalan atau topik.

Baca juga:  Belajar PPKn Menyenangkan Di Masa Pandemi Covid -19

Dalam penyusunan teks pidato persuasif siswa harus memperhatikan pula unsur-unsur di dalamnya seperti bagaimana pembukaannya, dan agar kuat pembukaannya harus merebut perhatian. Menjalin hubungan dengan pendengar, layak dan tidaknya suatu teks pidato tersebut, masuk terhadap tujuan pidato, lalu sesuai pada peta jalan pidato.

Isi pidato yang logis dan terpercaya dikenal pendengar. Pada bagian akhir penutup pidato yang menarik dan mengesankan. Siswa harus mengenal isi dari pada teks pidato persuasif yang meliputi, pernyataan posisi, tahap argumen, pengutan pernyataan posisi.

Karena teks pidato persuasif bagian dari pada teks eksposisi maka umumnya dimulai dengan pendahuluan pernyataan posisi yang memberikan sudut pandang atau pendapat pengarang. Bagian berikutnya memiliki serangkaian argumen logis yang meyakinkan pendengar mengapa posisi itu diambil.

Simpulan memperkuat atau menyimpulkan pandangan pengarang. Siswa diajak untuk berfokus membuat pernyataan yang kuat meliputi siapa yang diyakinkan, apa yang akan diyakinkan, jenis argumen apa yang menarik perhatian pendengar, dan apakah pernyataan pada posisi yang jelas.

Baca juga:  Pemanfaatan Teka Teki Silang sebagai Media Multiguna

Penguatan pernyataan posisi siswa memperhatikan argumen secara logis dan didukung oleh bukti. Tidak sekadar menulis. Dengan menyertakan diagram, foto atau gambar dalam tulisannya ini sangat membantu. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal (Sanjaya, 2016, hal. 147).

Siswa dituntut paham akan ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi seperti pembendaan, bentuk pasif, kata ganti orang, kosakata. Pada kosakata perlu diingat akan sinonim, untuk menghindari pengulangan. Adanya rantai kata pada sinonim dan antonim, mempergunakan kata benda abstrak.

Penulis berharap siswa di SMP Negeri 5 Pemalang, paham dan mengerti betul menulis teks pidato persuasif dengan bantuan YouTube, serta menambah pengalaman dan wawasan. (ag1/lis)

Guru SMPN 5 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya