alexametrics

Tingkatkan Motivasi dengan Video Pembelajaran Daring

Oleh : Tri Endri Lestari, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN Indonesia, kini tengah mengalami persoalan serius karena tidak semua guru dan siswa, juga orang tua benar-benar siap dalam menghadapi era New Normal dalam belajar dan mengajar di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini. Banyak persoalan muncul di masyarakat terkait pelaksanaan proses belajar mengajar secara daring di tengah pandemi Covid-19 ini. Banyak keluhan yang muncul terkait pembelajaran daring, seperti bagaimana cara meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Selama proses PJJ banyak kendala yang di temukan. Terutama dalam penyampaian materi pada proses pembelajaran dan penyampaian tugas siswa yang harus diselesaikan secara mandiri. Dalam penyampaian materi selama proses pembelajaran dari rumah, media yang digunakan masih kurang menarik bagi siswa, sehingga banyak siswa yang belum paham materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini menyebabkan, sebagian besar siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran. Kendala tersebut biasanya terjadi karena guru hanya memberikan tugas melalui PPT yang hanya mengambil dari buku pelajaran. Kurangnya motivasi siswa tersebut menyebakan hasil belajar siswa masih banyak yang rendah dan banyak siswa yang tidak melaporkan hasil perkerjaannya.

Baca juga:  Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

Dari permasalahan tersebut maka guru harus dapat memperbaiki proses pembelajarannya dan meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media video pembelajaran.

Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran, sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik. Salah satu pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menampilkan video pembelajaran yang dilakukan di kelas I SD Negeri Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan secara daring adalah pembelajaran tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Subtema 1 Lingkungan Rumahku.

Melalui aplikasi WA grup kelas, guru membuka pelajaran dengan salam, berdoa sebelum belajar, apersepsi dan abensi siswa. Selanjutnya siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dan menjawab pertanyaan awal dari guru tentang hal-hal yang terkait dengan materi pembelajaran melalui link youtube. Dengan bimbingan guru, siswa mencermati, mengidentifikasi, memahami masalah yang disampaikan guru melalui video pembelajaran youtube sesuai kegiatan pada tugas di WA grup kelas. Pembelajaran ditutup dengan memberikan umpan balik dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan menyampaikan rencana kegiatan berikutnya serta mengakhiri pelajaran dengan berdoa

Baca juga:  Mendalami Sandhangan Swara melalui TGT

Pembelajaran dengan media video pembelajaran ternyata mampu memberikan dampak positif. Dampak tersebut dalam proses belajar di antaranya, meningkatkan motivasi belajar siswa, menjadikan siswa senang untuk belajar, dan meningkatkan hasil belajar siswa. (pg2/zal)

Guru SDN Pungangan, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya