alexametrics

Ciptakan Budaya Literasi dengan Media Gambar Berseri

Oleh: Sutoyo, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DENGAN diberlakukannya kebijakan social distancing dan lockdwon, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran virus Covid 19 tersebut, dan bumi kita kembali normal. Dengan diberlakukannya lockdown dan social distancing, banyak beberapa sektor yang juga mengalami dampaknya, baik sektor pertanian, sektor pembangunan, sektor perekonomian maupun sektor pendidikan. Berdasarkan surat edaran tersebut, berarti jita sama-sama mengetahui bahwa semua proses pembelajaran yang biasanya kita lakukan secara tatap muka akan dialihkan menjadi pembelajaran daring (online) atau pembelajaran jarak jauh.

Disinilah guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif untuk melakukan proses pembelajaran agar proses pembelajaran tetap dapat berjalan dengan efektif dan efisien walaupun proses pembelajaran dilakukan secara online (daring). Penulis kesulitan memastikan apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan serius. Dalam beberapa hari banyak siswa yang mengeluh belajar online. Dengan alasan tidak mempunyai android, sinyal tidak ada dan masih banyak lagi. Sehingga pembelajaran KBM sangat tidak menyenangkan dan tidak lancar.

Baca juga:  Gallery Walk, Tingkatkan Sikap dan Keterampilan Siswa pada Pelajaran IPA

Kemudian penulis menerapkan metode gambar berseri, pada pelajaran Tematik tema 8 Bumiku, kelas 6. Pelaksanaannya media gambar pada pembelajaran daring, siswa mengambil buku gambar berseri di sekolah kemudian tugas dishare melalui group WA. Gambar juga diartikan sebagai media visual yang dapat diamati oleh setiap orang yang memandangnya sebagai wujud perpindahan dari keadaan yang sebenarnya, baik mengenai pemandangan, benda, barang-barang atau suasana kehidupan. Media gambar adalah media yang tidak diproyeksikan dan dapat dinikmati oleh semua orang sebagai pindahan dari keadaan yang sebenarnya mengenai orang, suasana, tempat, barang, pemandangan, dan benda-benda yang lain. Media gambar seri disebut juga flow chart atau gambar susun. Media ini terbuat dari kertas manila berukuran lebar yang berisi beberapa gambar. Gambar berseri adalah rangkaian gambar yang terdiri atas dua gambar atau lebih yang merupakan satu kesatuan cerita. Suatu gambar atau seri gambar dapat dijadikan bahan menyusun paragraf. Gambar atau seri gambar pada hakikatnya mengekspresikan suatu hal. Bentuk ekspresi tersebut dalam fakta gambar bukan dalam bentuk bahasa. Pesan yang tersirat dalam gambar tersebut dapat dinyatakan kembali dalam bentuk kata-kata atau kalimat.

Baca juga:  Efektivitaskan Pembelajaran yang Menyenangkan dengan Pendekatan Saintific

Langkah-langkah pembelajaran menulis kreatif naskah drama satu babak dengan media gambar berseri adalah sebagai berikut: Pertama, Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, Kedua, Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Ketiga, Guru mengajarkan kepada siswa bagaimana cara menulis naskah drama yang baik dan benar. Keempat, Guru membagikan media gambar beseri kepada siswa. Kelima, secara kelompok, siswa mendiskusikan untuk mengisi kolom pada gambar sesuai dengan urutan/tahapan alur. Keenam, guru menyuruh siswa menuliskan ide pokok pada setiap kolom gambar. Ketujuh, Perwakilan kelompok menjelaskan secara singkat jalan cerita sesuai dengan urutan gambar. Kedelapan, Guru berkeliling melihat pekerjaan siswa sambil membimbing siswa jika siswa mengalami kesulitan. Kesembilan, Guru menyuruh siswa siswa mencurahkan gagasan sesuai urutan gambar dan dituangkan dalam bentuk naskah penulisannya. Kesepuluh, Siswa dan guru bersama-sama melakukan refleksi hasil pembelajaran.

Baca juga:  Asyiknya Bermain Kosakata dengan Kantong Ajaib

Gambar berseri berfungsi sebagai pencipta suasana sugestif, stimulus dan sekaligus jembatan bagi siswa untuk membayangkan atau menciptakan gambaran dan kejadian atau peristiwa berdasarkan tema gambar berseri yang diperlihatkan. Dengan bantuan media gambar berseri maka siswa kelas 6 SDN 01 Kalipancur dapat cepat memahami materi dan tercipta budaya akan literasi di lingkungan kelas. (ce4/zal)

Guru SDN 01 Kalipancur, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya